PENGARUH METODE INKUIRI DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN LIRBOYO


Author (Penulis)

ROSALINA YUPITA AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0267

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran IPA di SD masih menggunakan metode yang kurang tepat dan tidak adanya suatu media yang mendukung sehingga pembelajaran yang dilakukan belum bisa secara maksimal akibatnya siswa ramai sendiri ketika diajarkan mengenai materi yang di sampaikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan dengan menggunakan metode inkuiri didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan yang menggunakan metode inkuiri tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo? (3) Adakah pengaruh metode inkuiri didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Lirboyo? Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sebagai kelas eksperimen adalah SDN Lirboyo 2 diajar dengan menggunakan metode inkuiri didukung media audio visual dengan jumlah 37 siswa, sedangkan kelas kontrolnya adalah SDN Lirboyo 4 diajar dengan menggunakan metode inkuiri tanpa didukung media audio visual dengan jumlah 30 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan yang menggunakan metode inkuiri didukung media audio visual  pada siswa kelas V SDN Lirboyo  mencapai KKM dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 87,35 dengan prosentase ketuntasan belajar 95% (2) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan yang menggunakan metode inkuiri tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo belum mencapai KKM dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 77,27 dengan prosentase ketuntasan belajar masih mencapai 53%  (3) Adanya pengaruh penggunaan metode inkuiri didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Lirboyo dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima

 

 

 

KATA KUNCI  :inkuiri,audio visual,mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan 

 

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inofatif). Bandung: Penerbit CV Yrama Widya.

 

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

 

Asmiyawati, O. 2008.IPA 5 Salingtemas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

 

Gustin, I, G.2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.

 

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia 

Kemala, R. 2006. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Kelas V. Jakarta: Yudhistira.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI