ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran IPA di SD masih menggunakan metode yang kurang tepat dan tidak adanya suatu media yang mendukung sehingga pembelajaran yang dilakukan belum bisa secara maksimal akibatnya siswa ramai sendiri ketika diajarkan mengenai materi yang di sampaikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan dengan menggunakan metode inkuiri didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan yang menggunakan metode inkuiri tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo? (3) Adakah pengaruh metode inkuiri didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Lirboyo? Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sebagai kelas eksperimen adalah SDN Lirboyo 2 diajar dengan menggunakan metode inkuiri didukung media audio visual dengan jumlah 37 siswa, sedangkan kelas kontrolnya adalah SDN Lirboyo 4 diajar dengan menggunakan metode inkuiri tanpa didukung media audio visual dengan jumlah 30 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan yang menggunakan metode inkuiri didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo mencapai KKM dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 87,35 dengan prosentase ketuntasan belajar 95% (2) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan yang menggunakan metode inkuiri tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas V SDN Lirboyo belum mencapai KKM dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 77,27 dengan prosentase ketuntasan belajar masih mencapai 53% (3) Adanya pengaruh penggunaan metode inkuiri didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Lirboyo dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima
KATA KUNCI :inkuiri,audio visual,mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Z. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inofatif). Bandung: Penerbit CV Yrama Widya.
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Asmiyawati, O. 2008.IPA 5 Salingtemas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Gustin, I, G.2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Kemala, R. 2006. Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD Kelas V. Jakarta: Yudhistira.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.