PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI SUARA TERBANYAK PADA SISWA KELAS II SDN BADAL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RATNA DEWI ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0266

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa kemampuan menghargai suara terbanyak pada siswa kelas II di SDN Badal Kabupaten Kediri dibawah rata-rata. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran dan mempengfaruhi rendahnya kemampuan siswa.

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Apakah kemampuan menghargai suara terbanyak tanpa menggunakan model pembelajaran Role Playing didukung media tiga dimensi siswa kelas II SDN Badal tinggi? (2) Apakah kemampuan menghargai suara terbanyak dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing didukung media tiga dimensi siswa kelas II SDN Badal tinggi? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menghargai suara terbanyak pada sisw kelas II SDN Badal Kabupaten Kediri ?

Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas II SDB Badal Kabupaten Kediri. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal pretest dan posttest.

Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan menghargai suara terbanyak tanpa menggunakan model pembelajaran Role Playing didukung media tiga dimensi dinyatakan belum tercapai secara mksimal. Dapat dibuktikan dengan nilai posttest yang didapat siswa nilai rata-ratanya yaitu 16,80 dan nilai thitung> ttabel yaitu 9,998 > 1,710 (2) Kemampuan menghargai suara terbanyak dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing didukung media tiga dimensi tinggi. Dapat dibuktikan dengan nilai posttest yang didapat siswa nilai rata-ratanya yaitu 18,60 dan ttabel > ttabel yaitu 16,909 > 1,710 (3) Berdasarkan uji hipotesis yang diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak yang berarti Ha diterima. Dan nilai thitung 4, 3777 > ttabel 1,677 maka dapat diketahui H0 ditolak (gagal diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yyang signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menghargai suara terbanyak pada siswa kelas II SDN Badal Kabupaten Kediri.

 

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Playing, media tiga dimensi, menghargai suara terbanyak

 


Keyword

MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING, MEDIA TIGA DIMENSI, MENGHARGAI SUARA TERBANYAK

Reference

Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran : KATA PENA

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara

Tirtarahardja, Umar. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT RINEKA CIPTA


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade