PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA PADA SISWA KELAS III DI SDN KARANGTENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TRIAJI CAHYO UTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0263

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran matematika di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan model Think Pair and Share didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III di SDN Karangtengah 3 kec. Panggul kab. Trenggalek. (2) Apakah penggunaan model Think Pair and Share tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III di SDN Karangtengah 1 kec. Panggul kab. Trenggalek. (3) Adakah perbedaan pengaruh model Think Pair and Share didukung media visual dibanding model Think Pair and Share tanpa didukung media terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Karangtengah  kec. Panggul kab. Trenggalek Tahun Pelajaran 2017/2018?.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan teknik penelitian “Pretest-posttest Control Group Design”. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.

Hasil penelitian sebagai berikut (1) Model Think Pair and Share didukung media visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Karangtengah 3 kec. Panggul kab. Trenggalek. hal ini terbukti dari nilai thitung = 10,147 > ttabel 5% = 1,717. (2) Model Think Pair and Share tanpa didukung media visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Karangtengah 1 kec. Panggul kab. Trenggalek. hal ini terbukti dari nilai thitung = 6,760 > ttabel 5% = 1,729. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model Think Pair and Share didukung media visual  dibanding model Think Pair and Share tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Karangtengah kec. Panggul kab. Trenggalek dengan keunggulan pada penggunaan model Think Pair and Share didukung media visual. Hal ini terbukti hal ini terbukti dari nilai thitung = 4,936 > ttabel 5% = 1,682.dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 90,2174 > dibanding nilai rata-rata posttest kelompok kontrol 88,2500.

 

Kata Kunci : Model Think Pair and Share, Media Visual, Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat atau Unsurnya


Keyword

Model Think Pair and Share, Media Visual, Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Peneli-tian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajar-an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimim, A. 2014. 68 Model Pembe-lajaran Inovatif dalam Kuriku-lum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian dan Pengembangan Instrument. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Metode Penelitian Pendidikan (Pende-katan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Strategi Pengajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suprihatiningrum, J.  2013. Strategi Pembelajaran (Teori dan Apli-kasi). Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade