PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN MAKNA PENINGGALAN MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN PUTREN KEC.SUKOMORO KAB.NGANJUK


Author (Penulis)

FEBBI GALIH KARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0262

Abstract

ABSTRAK

                                                                  

Penelitian ini dilator belakangi oleh hasil pengamatan bahwa pada kenyataan dilapangan guru yang hanya menggunakan model atau cara belajar yang membosankan, saat melakukan pembelajaran guru hanya berceramah, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru.

Permasalahan pada penelitian ini yaitu (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan makna peninggalan masa hindu-budha dan islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Putren Kec.Sukomoro Kab.Nganjuk?. (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan makna peninggalan masa hindu-budha dan islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Putren Kec.Sukomoro Kab.Nganjuk?. (3) Adakah perbedaan pengaruh antara model pembelajaran STAD didukung media visual dibanding model pembelajaran STAD tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan makna peninggalan masa hindu-budha dan islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Putren Kec.Sukomoro Kab.Nganjuk?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian Nonrandomized Control Pretest-Posttest Desigh. Pengumpulan data penelitian berupa tes, berbentuk soal uraian sebanyak 15 butir soal pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas V SDN Putren. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t.

Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunaan model STAD didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan  makna peninggalan masa hindu-budha dan islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Putren Kec.Sukomoro Kab.Nganjuk dengan KK 84,6%. Hal ini terbukti dari nilai th=11,007>tt 1%=2,769. (2) penggunaan model STAD tanpa didukung media visual berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan makna peninggalan masa hindu-budha dan islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Putren Kec.Sukomoro Kab.Nganjuk dengan KK 58,3%. Hal ini terbukti dari nilai th=-11,885>tt 1%=2,807. (3) ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model STAD didukung media visual dibanding penggunaan model STAD tanpa didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan makna peninggalan masa hindu-budha dan islam diIndonesia pada siswa kelas V SDN Putren Kec.Sukomoro Kab.Nganjuk dengan keunggulan pada penggunaan model STAD didukung media visual. Hal ini terbukti dari nilai th=5,949>tt 1%=2,684 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest eksperimen 81,9600>dibanding nilai posttest control 74,5833.

                                                                                    

KATA KUNCI  : Model STAD, media visual, kemampuan mendeskripsikan makna peninggalan masa hindu-budha dan islam di Indonesia


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Isjoni, 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Undang-Undang RI No 20. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Fokus Media

Undang-Undang RI No 14. Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Bandung : Fokus Media


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI