PENGEMBANGAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MATERI IPS MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAHNYA SISWA KELAS IV SDN SUMBERAGUNG 3 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

LANDI AJI PINANDRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0261

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya di kelas IV SD yang didominasi peran guru. Akibatnya siswa kesulitan dalam meneria materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa.

            Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui produk pengembangan media Flip Chart berdasarkan tingkat kevalidan untuk materi IPS mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya kelas IV SDN Sumberagung 3 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2018/2019 (2) untuk mengetahui produk pengembangan media Flip Chart berdasarkan tingkat kepraktisan untuk materi IPS mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya kelas IV SDN Sumberagung 3 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2018/2019 (3) untuk mengetahui produk pengembangan media Flip Chart berdasarkan tingkat efektivitas untuk materi IPS mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya kelas IV SDN Sumberagung 3 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2018/2019.

            Model pengembangan yang digunakan  dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Kegiatan pada tahap analysis adalah melakukan analisis kerja dan analisis kebutuhan. Tahap design dilakukan untuk memprogramkan pembelajaran yang akan dilakukan pada uji coba. Tahap pengembangan media dilakukan mulai dari menyusun design awal hingga design akhir. Sebelum diuji cobakan, media hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media. Selain itu perangkat pembelajaran harus divalidasikan oleh ahli materi. Selanjutnya, data yang diperoleh dari lembar validasi dianalisis untuk mengetahui hasil validasi.

Hasil penelitian pengembangan media Flip Chart adalah sebagai berikut. (1) hasil validasi media Flip Chart oleh ahli media mendapatkan nilai 82% dan ahli materi memperoleh nilai 94%. Dengan demikian media Flip Chart dapat dikatakan valid, baik, dan tidak memerlukan revisi. (2) hasil angket media Flip Chart dari respon guru mendapatkan respon sebesar 97,77% dan hasil respon siswa sebesar 98,4%. Dengan demikian media Flip Chart dapat dikatakan sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan. (3) hasil pre test siswa mendapatkan rata-rata sebesar 81,44 dan rata-rata post test siswa sebesar 92. Dengan demikian penggunaan media Flip Chart dapat dikatakan efektif.

 

Kata kunci: media pembelajaran, Flip Chart, aktivitas ekonomi, sumber daya alam.


Keyword

Media Flip Chart, Mengenal Aktivitas Ekonomi yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di Daerahnya,

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2014. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sardjiyo, dkk. 2014. Pendidikan IPS di SD. Banten : Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta : Tabri.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Widoyoko, S Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Zunaidah, Farida Nurlaila dan Mohammad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online),  tersedia: http://ejurnal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368/ diunduh 19 Oktober 2018.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade