Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran IPS di sekolah dasar masih sangat rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model Learning Cycle didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III semester 2 SDN 1 Tanggul Welahan dan SDN 2 Tanggul Welahan ? (2) Adakah pengaruh model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 1 Tanggul Welahan dan SDN 2 Tanggul Welahan ? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Learning Cycle didukung media audio visual dengan model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 1 Tanggul Welahan dan SDN 2 Tanggul Welahan ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest – Postest Design. Menggunakan pendekatan kuantitaif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 1 dan 2 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri dari soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Learning Cycle didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah SDN 1 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung dengan thitung = 22,102>ttabel 5% = 2,069. (2) Penggunaan model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 2 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung dengan thitung = 17,545> ttabel 5% = 2,060. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Learning Cycle didukung media audio visual dengan model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 1 Tanggul Welahan disbanding SDN 2 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung dengan keunggulan pada model Learning Cycle
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Prees.
Rusman. 2014. Model-madel Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media.
Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.