PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DILINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH SISWA KELAS III SEMESTER 2 SDN TANGGUL WELAHAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SEPTIDA TRI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0260

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran IPS di sekolah dasar masih sangat rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran.

            Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model Learning Cycle didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III semester 2 SDN 1 Tanggul Welahan dan SDN 2 Tanggul Welahan ? (2) Adakah pengaruh model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 1 Tanggul Welahan dan SDN 2 Tanggul Welahan ? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Learning Cycle didukung media audio visual dengan model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 1 Tanggul Welahan dan SDN 2 Tanggul Welahan ?

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest – Postest Design. Menggunakan pendekatan kuantitaif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 1 dan 2 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri dari soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t.

            Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Learning Cycle didukung media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah SDN 1 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung dengan thitung = 22,102>ttabel 5% = 2,069. (2) Penggunaan model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 2 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung dengan thitung = 17,545> ttabel 5% = 2,060. (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model Learning Cycle didukung media audio visual dengan model Learning Cycle tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah siswa kelas III SDN 1 Tanggul Welahan disbanding SDN 2 Tanggul Welahan Kabupaten Tulungagung dengan keunggulan pada model Learning Cycle


Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Prees.

Rusman. 2014. Model-madel Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses    Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:        Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI