PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN WAKTU, JARAK, DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SDN WONOSALAM 3 JOMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YANUAR RASYID ABDULOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0258

Abstract

ABSTRAK

 

Peneliti melakukan penelitian ini diatar belakangi dari hasil wawancara dengan guru kelas V di SDN Wonosalam 3 Jombang, bahwa kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan siswa masih kurang maksimal. Dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa pasif dan kurang antusias dalam pembelajaran.

Permasalahan (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining didukung media audio visual? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung? (3) Adakah penggaruh model pembelajaran student facilitator and explaining didukung media audio visual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik penelitian yang digunakan adalah eksperiment. Bentuk desain yang digunakan adalah PretestPosttest Control Group dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Wonosalam 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Wonosalam 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining didukung media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa hingga mencapai KKM 70. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang didapatkan siswa sebesar 77,76. (2) Penggunaan model pembelajaran langsung tidak dapat meningkatkan kemampuan siswa hingga mencapai KKM 70. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang didapatkan siswa sebesar 68,00. (3) Ada penggaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and explaining didukung media audio visual. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,002 < 0,05.

 

 

KATA KUNCI: student facilitator and explaining, audio visual, kemampuan menyelesaikan

masalah yang berkaitan dengan, waktu, jarak, dan kecepatan.

 


Keyword

MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, MEDIA AUDIO VISUAL, KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN WAKTU, JARAK, DAN KECEPATAN

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Depdiknas

 

Huda, M. 2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Suwangsih, Erna dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

 

Sadiman & Arief, S. 2014. Media Pendidikan Penggertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade