ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EYD PADA PENULISAN SURAT UNTUK TEMAN SEBAYA TENTANG PENGALAMAN SISWA KELAS IV SDN BADAL 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

URFI WIDYA AZIZA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0256

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya kesalahan penggunaan EYD yaitu penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata pada penulisan surat untuk teman sebaya tentang pengalaman siswa kelas IV SDN Badal Kecamatan Ngdiluwih Kabupaten Kediri.

            Tujuan dalam penelitian ini meliputi (1) untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf  pada penulisan surat untuk teman sebaya tentang pengalaman siswa kelas IV di SDN Badal Kediri; (2) untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada penulisan surat tentang pengalaman siswa kelas IV di SDN Badal 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri; dan (3) untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan kata pada penulisan surat untuk teman sebaya tentang pengalaman siswa kelas IV di SDN Badal 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data berupa surat untuk teman sebaya tentang pengalaman oleh siswa kelas IV SDN Badal 1 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan human instrument atau peneliti itu sendiri sebagai instrument kunci. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Sedangkan, untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif. Tahapan dalam penelitian ini meliputi langkah yaitu menjelaskan kesalahan, mengevaluasi kesalahan, dan mendeskripsikan kesalahan.

            Berdasarkan hasil penelitian tentang penggunaan EYD pada penulisan surat untuk teman sebaya tentang pengalaman siswa kelas IV SDN Badal 1 ditemukan kesalahan meliputi; (1) terdapat 57 kesalahan penggunaan huruf kapital yang terdiri atas 32 kesalahan penggunaan huruf kapital di awal kalimat, 22 kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai sebagai penunjuk hubungan kekerabatan, dan tiga kesalahan penggunaan huruf kapital sebagai huruf pertama pada penulisan nama orang; (2) terdapat sembilan kesalahan penggunaan tanda baca yaitu tujuh kesalahan penggunaan tanda baca titik dan dua kesalahan penggunaan tanda baca koma; dan (3) terdapat lima kesalahan penulisan kata, yaitu penulisan kata depan.

 

 

Kata Kunci: analisis kesalahan EYD, menulis surat


Keyword

ANALISIS KESALAHAN EYD

Reference

V. DAFTAR PUSTAKA

Azwar, Saifudin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Finoza, Lamudin. 1991. Aneka Surat Sekretaris dan Bisnis Indonesia. Jakarta: Mawar Gempita.

Indrawan, Rully. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dam Campuran untuk Managemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sotyaningrum, Afra Tien. 2008. Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Amara Books.

Zuleha. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade