PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN CONTOH ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS V SDN SUKOREJO III KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AYU PRASETYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0253

Abstract

                                                                                                                  ABSTRAK

 

Ayu Prasetyawati: Pengaruh Model Think Pair Share Didukung Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menyebutkan Contoh Organisasi Di Lingkungan Sekoah Dan Masyarakat Pada Siswa Kelas V SDN Sukorejo III Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2017/2018

          Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh seorang guru terutama pada pembelajaran di sekolah dasar sangat rendah. Guru belum menggunakan  model pembelajaan dan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran di kelas.

           Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan menggunakan model Think Pair Share didukung model flashcard pada siswa kelas V SDN Sukorejo III? (2) Bagaimana kemampuan menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa didukung media flashcard pada siswa kelas V SDN Sukorejo III ? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Think Pair Share didukung media flashcardterhadap kemampuan menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat pada siswa kelas V SDN Sukorejo III?

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Quasi Experimental Design tipe Nonequivalen Control Grup Design, dengan subjek penelitianyaitu siswa kelas V SDN Sukorejo III.Alat yang digunakan untuk  pengumpulan data penelitian berupa tes. Tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda 20 butir soal  pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas V-A dan V-B SDN Sukorejo III.

              Simpulan hasil penelitian ini yaitu (1) Kemampuan menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat menggunakan model Think Pair Share didukung media flashcard pada siswa kelas V SDN Sukorejo III mencapai KKM, berdasarkan rata-rata posttest kelas eksperimen 80,43 (2) Kemampuan menyeutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat menggunakan model pembelajaran langsung tanpa didukung media flashcard pada siswa kelas V SDN Sukorejo III belum mencapai KKM, berdasarkan rata-rata posttest kelas kontrol 69,00 (3) Terdapat pengaruh model Think Pair Share didukung media flashcard terhadap kemampuan menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat pada siswa kelas V SDN Sukorejo III. Berdasarkanhasilpenghitunganuji t, diperoleh  = 5,457 dan  = 2,019 ( > ).

 

KATA KUNCI  :Think Pair Share, media flashcard, kemampuan menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat


Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. dan Riyana, C. 2009. Media Pembelejaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Komnas Nasional Hak Asasi Manusia (Online). Tersedia: http://komnasham.co.id diunduh 14 Desember 2017 pukul 14.30.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI