Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Materi Menjumlahkan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas 4 Semester 2 SDN Tanjungkalang 2 Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

EVI YUNI ROHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0251

Abstract

Evi Yuni Rohmawati: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Materi Menjumlahkan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Tanjungkalang 2 Tahun Ajaran 2018/2019.

   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan Guru yang dilakukan di kelas IV SDN Tanjungkalang 2. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siswa kurang memahami materi penjumlahan bilangan bulat dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang tersedia juga terbatas sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang efektif. Berdasarkan pengamatan tersebut dikembangkan multimedia interaktif dengan rumusan masalah sebagai berikut. (1)Bagaimana validitas produk pengembangan media berbasis multimedia untuk materi menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV semester 2 SDN Tanjungkalang 2. (2) Bagaimana efektivitas produk pengembangan media multimedia untuk materi menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV semester 2 SDN Tanjungkalang 2. (3) Bagaimana respon siswa dan guru pada produk pengembangan media multimedia untuk materi matematika menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV semester 2 SDN Tanjungkalang 2

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Sebelum diterapkan dalam tahap ujicoba multimedia interaktif perlu divalidasikan untuk mengetahui kevalidan produk, adapun instrumen yang harus di validasi oleh ahli sebelum ujicoba adalah materi dan media, soal tes, angket respon siswa, dan angket respon guru. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui validasi dianalisis untuk mengetahui hasil validasi. Sedangkan efektivitas multimedia interaktif diketahui berdasarkan hasil post test siswa yang dilaksanakan pada tahap ujicoba. Selanjutnya untuk mengetahui respon guru dan siswa didasarkan pada hasil perolehan skor angket yang sebelumnya telah di validasi.

Hasil penelitian pengembangan Multimedia Interaktif adalah sebagai berikut. (1) Multimedia Interaktif memperoleh hasil 85% dari segi validitas media dan 95% dari segi materi. (2) Multimedia Interaktif dinyatakan efektif setelah dilakukan ujicoba terbatas dengan hasil Post Test tuntas dengan rata-rata 88, selain itu diperoleh juga hasil dari persentase respon siswa sebesar 82% dan respon guru sebesar 92,5%, sehingga multimedia interaktif dinyatakan efektif setelah dilakukan ujicoba luas dengan hasil Post Test tuntas dengan rata-rata 88,5. Selain itu diperoleh hasil 92,5% dari persentase respon siswa dan 97,5% dari respon guru.

                                                                                                   

KATA KUNCI  :Multimedia Interaktif, Menjumlahkan Bilangan Bulat


Keyword

Multimedia Interaktif

Reference

     DAFTAR PUSTAKA

Batauga, Freddy. 2017. Matematika Dasar Ke Perguruan Tinggi. Kendari: Fradsya Blog.

 

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Riduwan.2013.Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

 

Widoyoko, S. EkoPutro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade