PENGARUH MEDIA TORSO TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN ALAT GERAK DAN FUNGSINYA PADA HEWAN DAN MANUSIA SERTA CARA MEMELIHARA KESEHATAN ALAT GERAK MANUSIA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN NGADISUKO 3 KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

EKA RIZKI SUCIADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0250

Abstract

ABSTRAK

EkaRizkiSuciadi: Pengaruh Media Torso Terhadap Kemampun Menjelaskan Alat Gerak Dan Fungsinya Hewan Dan Manusia Serta Cara Memelihara Kesehatan Alat Gerak Manusia Subtema Manusia Dan Lingkungan Tema Organ Gerak Manusia Dan Hewan Pada Siswa Kelas V SDN Ngadisuko 3 Tahun Ajaran 2018/2019.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi peneliti, bahwa pembelajaran pada materi gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia masih monoton dan masih didominasi oleh guru. Hal ini mengakibatan siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman siswa rendah.Oleh karena itu diperlukan penggunaan media torso untuk materi tersebut. Dengan harapan hasil belajar siswa menjadi tinggi. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia sebelum menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia setelah menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media torso terhadap kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019?.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 sejumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pre-eksperimental­ dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data berupa tes. Instrumen penelitian berupa soal subjektif. Teknik analisis data statistik berupa teknik t-test dan uji-t yang diolah menggunakan program SPSS vr.23 for windows.

Hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia sebelum menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 dinyatakan rendah terbukti dari hasil rata-rata pre-test 64,18 dari nilai KKM 75. (2) Kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia setelah menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 dinyatakan tinggi terbukti dari hasil rata-rata posttest 78,86 dari nilai KKM 75. (3) Adanya pengaruh penggunaan media torso terhadap kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 terbukti dari hasil pengujian Uji-t diperoleh thitung >ttabel  yaitu 3,682 > 2,079 sehingga diperoleh Sig.(2 tailed) yaitu 0,001 < 0,05. Sehingga Ho ditolak.

 

Kata Kunci : Media torso, kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.


Keyword

a

Reference

Agustiana, I Gusti Ayu Tri dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA : Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta. Ombak

- - - - - . 2014. Konsep Dasar IPA : Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Anitah W, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers

BSNP. 2011. Standart Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online). Tersedia di http://bsnp-indonesia.org/id/?page_id=63/.

(7 September 2017)

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Deviantri. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media Torso pada Siswa Kelas IV SDN-1 Palangka Tahun Pelajaran 2010/2011. Palangka Raya: Skripsi UNPAR

Djamarah, Syaiful Bahari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Media Untuk Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kosasih, A & Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Media Untuk Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Restu. 2014. Perbedaan Hasil Belajar IPA dilihat Dari Penggunaan Media Torso Dengan Media Gambar Peserta Didik Kelas V SDN Pahandut Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Palangka Raya: Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

- - - - - . 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 2015. Media Pembelajaran. Bandung. Sinar Baru Algesindo

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:Pedagogia

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar  & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI