ABSTRAK
EkaRizkiSuciadi: Pengaruh Media Torso Terhadap Kemampun Menjelaskan Alat Gerak Dan Fungsinya Hewan Dan Manusia Serta Cara Memelihara Kesehatan Alat Gerak Manusia Subtema Manusia Dan Lingkungan Tema Organ Gerak Manusia Dan Hewan Pada Siswa Kelas V SDN Ngadisuko 3 Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi peneliti, bahwa pembelajaran pada materi gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia masih monoton dan masih didominasi oleh guru. Hal ini mengakibatan siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman siswa rendah.Oleh karena itu diperlukan penggunaan media torso untuk materi tersebut. Dengan harapan hasil belajar siswa menjadi tinggi. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia sebelum menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia setelah menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media torso terhadap kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019?.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 sejumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pre-eksperimental dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data berupa tes. Instrumen penelitian berupa soal subjektif. Teknik analisis data statistik berupa teknik t-test dan uji-t yang diolah menggunakan program SPSS vr.23 for windows.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia sebelum menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 dinyatakan rendah terbukti dari hasil rata-rata pre-test 64,18 dari nilai KKM 75. (2) Kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia setelah menggunakan media torso pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 dinyatakan tinggi terbukti dari hasil rata-rata posttest 78,86 dari nilai KKM 75. (3) Adanya pengaruh penggunaan media torso terhadap kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia pada siswa kelas V SDN Ngadisuko 3 Kabupaten Trenggalek tahun ajaran 2018/2019 terbukti dari hasil pengujian Uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,682 > 2,079 sehingga diperoleh Sig.(2 tailed) yaitu 0,001 < 0,05. Sehingga Ho ditolak.
Kata Kunci : Media torso, kemampuan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Agustiana, I Gusti Ayu Tri dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar IPA : Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta. Ombak
- - - - - . 2014. Konsep Dasar IPA : Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Anitah W, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers
BSNP. 2011. Standart Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online). Tersedia di http://bsnp-indonesia.org/id/?page_id=63/.
(7 September 2017)
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Deviantri. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media Torso pada Siswa Kelas IV SDN-1 Palangka Tahun Pelajaran 2010/2011. Palangka Raya: Skripsi UNPAR
Djamarah, Syaiful Bahari dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2004. Media Untuk Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kosasih, A & Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2004. Media Untuk Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi
Restu. 2014. Perbedaan Hasil Belajar IPA dilihat Dari Penggunaan Media Torso Dengan Media Gambar Peserta Didik Kelas V SDN Pahandut Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Palangka Raya: Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
- - - - - . 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 2015. Media Pembelajaran. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:Pedagogia
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena