PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PAKU PADA MATERI MATEMATIKA KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SD NEGERI SUMBERAGUNG 3 TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

NOVITA STYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0247

Abstract

ABSTRAK

 

Novita Styaningrum: Pengembangan Media Papan Paku Pada Materi Matematika Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SD Negeri Sumberagung 3 Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman bahwa pembelajaran Matematika materi keliling persegi dan persegi panjang di SD belum menggunakan media pembelajaran dan didominasi pada peran guru. Akibatnya siswa kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa.

 

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui produk pengembangan media papan paku berdasarkan tingkat kevalidan pada materi Matematika keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SD Negeri Sumberagung 3 tahun ajaran 2018/2019, (2) untuk mengetahui produk pengembangan media papan paku berdasarkan tingkat kepraktisan pada materi Matematika keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SD Negeri Sumberagung 3 tahun ajaran 2018/2019, (3) untuk mengetahui produk pengembangan media papan paku berdasarkan tingkat efektivitas pada materi Matematika keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SD Negeri Sumberagung 3 tahun ajaran 2018/2019.

 

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE adalah model prosedural yang menunujukkan langkah-langkah atau tahapan tahapan dalampenelitian pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation.

 

Hasil penelitian pengembangan media papan paku adalah sebagai berikut. (1)Validasi oleh ahli media, media papan paku mendapatkan nilai sebesar 97,5%. Sedangkan validasi materi dalam media memperoleh nilia 82%. Dengan demikian media papan paku dapat dikatakan valid, baik dan tidak memerlukan revisi. (2) Hasil angket respo guru, media papan paku mendapatkan respon sebesar 100%. Sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh respon sebesar 98,08%. Dengan demikian media papan paku dapat dikatakan sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan. (3) Hasil post test siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 87. Selain itu, ketuntasan belajar klasikal siswa juga mencapai 100% sehingga penggunaan media papan paku dapat dikatan efektif.

 

KATA KUNCI: Media pembelajaran, Papan Paku, keliling persegi dan persegi panjang.


Keyword

MEDIA PAPAN PAKU, MATEMATIKA, KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

 

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

 

Hamalik, O. (1982). Media Pendidikan. Bandung : Alumni

                                           

Pribadi, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat

 

Riduwan.(2014). Dasar-dasar Statistika.Jakarta : Alfabeta

 

 

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta

 

Widoyoko, S. Eko, P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 

Zunaidah, F. Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(1).(online), tersedia: http://ejournal.umm.ac.id./index.php/jpbi/article/view/3368, diunduh 19 Oktober 2018.

 

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2004.Jakarta : Tabri

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade