PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASSA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG SISWA KELAS V MI RAUDLATUL HUDA TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YULAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0246

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran siswa kelas V IPS di SD/MI masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada massa penjajahan belanda dan jepang.

Tujuan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan model pembelajaran take and give didukung media visual pada siswa kelas V MI RAUDLATUL HUDA Kabupaten Nganjuk. (2) Mengetahui kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V MI RAUDLATUL HUDA Kabupaten Nganjuk. (3) Mengetahui perbedaan kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan model pembelajaran take and give didukung media visual dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V MI RAUDLATUL HUDA Kabupaten Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif teknik quasi eksperimen tipe Nonequivalent, dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Raudlatul Huda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.

Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada massa penjajahan Belanda dan Jepang dengan model take and give didukung media visual pada siswa kelas V MI Raudlatul Huda dinyatakan signifikan. Adapun nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak yang berarti Ha diterima. (2) kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada massa penjajahan Belanda dan Jepang dengan menggunakan model pembelajaran langsung kurang signifikan. Adapun nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran take and give didukung media visual terhadap model pembelajaran langsung terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada massa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V MI Raudlatul Huda.

 

Kata Kunci : model take and give, media visual.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ega, R. 2013. Ragam Media Pembelajaran. Bandung: Kata Pena

Gagne. Dalam Arsyad, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan

Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gagne. Dalam Arsyad. 2013. Belajaran & Pembelajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Nurhadi, Mochammad. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada massa penjajahan belanda dan jepang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri. FKIP. UNP Kediri. Online. Available at https://simki.lp2m.unpkediri.ac.id. Diunduh 27 mei 2017

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Universitas Terbuka. Jakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, Hamzah B., Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pailkem.

Jakarta: Bumi Aksara.

 


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI