ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika pada materi menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling luas persegi dan persegi panjang di kelas III SDN Punjul 1 Kec. Plosoklaten Kab. Kediri yang masih mengutamakan peran guru. Guru kurang inovatif dalam memilih strategi dan metode pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif terhadap kegiatan pembelajaran dan memiliki kemampuan yang rendah padamateri menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling luas peregi dan persegi panjang. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut diterapkan strategi dan metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif dan kondusif yaitu SPBM didukung Metode latihan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah didukung metode latihan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian yaitu SDN Punjul 1 Kec. Plosoklaten, Kab. Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu berupa RPP dan teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data mengunakan uji-t dengan paired sample t-test dan independent t-test.
Hasil penelitian ini adalah 1. Pengaruh SPBM didukung metode latihan berpengaruh signifikan terhadapkemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Punjul 1 Kec. Plosoklaten Kab. Kediri dengan taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis kerja (Ha) terbukti benar. 2. Pengaruh SPBM tanpa didukung metode latihan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Punjul 1 Kec. Plosoklaten Kab. Kediri dengan taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis kerja (Ha) terbukti benar. 3. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran berbasis masalah didukung metode latihan dibanding strategi pembelajaran berbasis masalah tanpa didukung metode latihan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Punjul 1 Kec. Plosoklaten Kab. Kediriterbukti dengan th = 4,450>tt =2,021 dan hasil perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen 80,75 > nilai rata-rata kelas kontrol 72,36
KATA KUNCI :Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Latihan, Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling luas persegi dan persegi panjang
Alwi, Hasan, Dkk. 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.Bandung:CV Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA.