ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kemampuan menyusun karangan di SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk masih rendah. Peserta didik merasa kebingungan tentang penggunaan EYD dengan tepat dan menuangkan ide atau gagasan dalam pembelajaran menulis khususnya menyusun karangan sederhana. Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) mengetahui penguasaan EYD peserta didik, (2) mengetahui kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan peserta didik, (3) mengetahui hubungan antara penguasaan EYD dengan kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan secara objektif nilai setiap variabel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan hasil karya siswa, setelah data terkumpul dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6. Hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan EYD siswa kelas tergolong baik, karena nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,81 KKM (70). (2) kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan siswa tergolong baik, karena nilai rata-rata yang diperoleh 72,93 KKM (70). (3) ada hubungan yang signifikan antara penguasaan EYD dan kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Caraka, C.L. 1991. Teknik Mengaran. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta
Finoza, L. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia
Keraf, G. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kusumaningsih, D. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Yogayakarta
Primasatya, N. & Ahdhianto, E. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari, 2 (2): 225-231
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa