HUBUNGAN PENGUASAAN EYD DENGAN KEMAMPUAN MENYUSUN KARANGAN TENTANG BERBAGAI TOPIK SEDERHANA DENGAN MEMPERHATIKAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERKEPUH 6 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANTON SLAMET TRITANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0243

Abstract

ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kemampuan menyusun karangan di SDN Sumberkepuh 6 Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk masih rendah. Peserta didik merasa kebingungan tentang penggunaan EYD dengan tepat dan menuangkan ide atau gagasan dalam pembelajaran menulis khususnya menyusun karangan sederhana. Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) mengetahui penguasaan EYD peserta didik, (2) mengetahui kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan peserta didik, (3) mengetahui hubungan antara penguasaan EYD dengan kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan secara objektif nilai setiap variabel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan hasil karya siswa, setelah data terkumpul dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sumberkepuh 6. Hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan EYD siswa kelas tergolong baik, karena nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,81 KKM (70). (2) kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan siswa tergolong baik, karena nilai rata-rata yang diperoleh 72,93 KKM (70). (3) ada hubungan yang signifikan antara penguasaan EYD dan kemampuan menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan.


Keyword

a

Reference

Caraka, C.L. 1991. Teknik Mengaran. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta

Finoza, L. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia

Keraf, G. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kusumaningsih, D. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Yogayakarta

Primasatya, N. & Ahdhianto, E. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari, 2 (2): 225-231

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI