PENGEMBANGAN MEDIA SAPI (SAKU PINTAR) UNTUK MATERI MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TIGA ANGKA SISWA KELAS III SDN 1 KARANGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TISSA FITRI RAHMA DITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0241

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di sekolah dasar bahwa dalam menjelaskan materi melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka guru hanya menggunakan media gambar. Media gambar yang digunakan oleh guru belum mampu menarik perhatian siswa. Akibatnya sebagian siswa tidak memperhatikan apa yang sedang guru jelaskan.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan pengembangan media SAPI (Saku Pintar) untuk materi melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 cukup valid. (2) Untuk membuktikan pengembangan media SAPI (Saku Pintar) untuk materi melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 cukup efektif. (3) Untuk membuktikan bahwa pengembangan media SAPI (Saku Pintar) dapat meningkatkan kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN 1 Karangwaru. Penelitian dilakukan dengan 2 tahap uji coba, menggunakan instrumen rubruk penilaian, angket untuk guru dan siswa, dan lembar tes.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) validitas media dilihat dari hasil validasi media dan validasi materi pembelajaran yang memperoleh skor sebesar 96% untuk uji validasi ahli media dan 90,90% untuk validasi ahli materi pembelajaran yang termasuk kriteria sangat valid,sangat efektif, sangat tuntas dan dapat digunakan tanpa perbaikan.(2) efektifitas media dilihat hasil respon guru dan siswa. Hasil angket respon guru pada uji coba terbatas adalah 94% dan hasil angket guru pada uji coba luas adalah 100%, sedangkan hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas adalah 86,7% dan hasil angket siswa pada uji coba luas adalah 93% dengan kriteria sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas dan dapat digunakan tanpa perbaikan. (3) kemampuan siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dapat dilihat dari hasil pre test dan post test. Pada uji coba terbatas hasil nilai rata-rata post test adalah 91, hasil tersebut meningkat dari peroleh nilai rata-rata pre test 81. Sementara uji coba luas hasil nilai rata-rata post test adalah 87,3, hasil tersebut meningkat dari perolehan nilai rata-rata pre test 81,8.

 

KATA KUNCI  : Media SAPI (Saku Pintar), Penjumlahan dan Pengurangan Tiga Angka

 


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja  Rosdakarya

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zunaidah, F. N. & Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, (Online), 2 (1): 1930, tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368, diunduh 6 Desember 2017.


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI