Pengaruh model Think Pair Share (TPS) di dukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN 2 Jati kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek


Author (Penulis)

RISKA RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0240

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa di lapangan guru hanya ceramah saja tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang aktif dan kondisi tersebut menjadikan minat ketertarikan belajar siswa rendah. Permasalahan pada penelitian ini yaitu (1) Apakah model TPS didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN 2 Jati Kabupaten Trenggalek? (2) Apakah model TPS tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN 2 Jati Kabupaten Trenggalek? (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran TPS didukung media visual dibanding model TPS tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN 2 Jati Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik penelitian Nonrandomized Control Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data penelitian berupa tes, berbentuk soal uraian sebanyak 25 butir soal pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas IV SDN 2 Jati. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu (1) Model pembelajaran TPS didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dengan dengan KK 86,33%. Hal ini terbukti dari nili th 25,680 > tt 1% 2,462. (2) Model pembelajaran TPS tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dengan KK 52,81%. Hal ini terbukti nilai th 7,100> tt 1% 2,453. (3) Ada perbedaan pengaruh antara Model pembelajaran TPS didukung media visual dibanding Model pembelajaran TPS tanpa didukung media visual terhadap kemampuan menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan beserta fungsinya pada siswa kelas IV SDN Jati 2 Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran TPS dengan didukung media visual. Hal ini terbukti dari nilai th 6,218 > tt 1% 2,390 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest eksperimen 86,03 dan nilai posttest kontrol 73,56.
Kata Kunci : Model Think Pair Share (TPS), Media Visual, Kemampuan Menjelaskan Bentuk Luar Tubuh Hewan Dan Tumbuhan Serta Fungsinya.


Keyword

Model Think Pair Share (TPS) di dukung media visual

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Fadholi, Arif. 2009. Kelebihan & Kekurangan Think Pair Share (TPS). Bandung: University Press.
Musfiqon.2012.Pengembangan Media Dan Sumber Media Pembelajaran.Jakarta:Prestasi Pustakarya.
Sukardi.2013.Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung:Bumi Aksara.
Wahana dan Mukti. 1992. Media Pembelajaran.Jakarta:Raja Grofindo Persada.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade