ABSTRAK
Pratama Bagaskara Putra : Pengaruh Problem Solving Learning (PSL) Didukung Media Audio Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tokoh, Tema, Latar, Amanat) Kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian pembelajaran bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) di kelas V SDN Sukorame 4 yang masih mengutamakan peran guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model dan media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kondusif yaitu model Problem Solving Learning didukung media audio. Untuk mengetahui model dan media pembelajaran yang lebih direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas V khususnya materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat), dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving Learning didukung Media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sebelum menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sesudah menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?, 3) Adakah pengaruh model Problem Solving Learning didukung Media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-Group Pretes-Postes Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Sukorame 4 Kediri dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes (soal subjektif) dan instrument. Teknik analisis data menggunakan t-test paired sample.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Siswa kelas V SD Negeri Sukorame 4 Kota Kediri memiliki kemampuan yang rendah dalam mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sebelum menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio dibuktikan dari hasil nilai pretest 64,7 lebih rendah dari KKM (75) 2) Siswa kelas V SD Negeri Sukorame 4 Kota Kediri memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sesudah menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio dibuktikan dari hasil nilai posttest 84,17 lebih tinggi dari KKM (75), 3) Ada pengaruh model Problem Solving Learning didukung Media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri dibuktikan dari Diperoleh nilai t hitung = 16,25 > t tabel = 2,04523 Sehingga ditolak dan diterima.
Kata Kunci : Problem Solving Learning, Media Audio, Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tokoh, Tema, Latar, Amanat).
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi
Shoimin, Arus. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka
Sugiono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA