PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING (PSL) DIDUKUNG MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA (TOKOH, TEMA, LATAR, AMANAT) SISWA KELAS V SDN SUKORAME 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

PRATAMA BAGASKARA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0239

Abstract

ABSTRAK

 

Pratama Bagaskara Putra : Pengaruh Problem Solving Learning (PSL) Didukung Media Audio Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tokoh, Tema, Latar, Amanat) Kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian   ini   dilatarbelakangi   hasil   penelitian   pembelajaran bahasa Indonesia materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) di kelas V SDN Sukorame 4 yang masih mengutamakan peran guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model dan  media pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kondusif yaitu model Problem Solving Learning didukung media audio. Untuk mengetahui model dan media pembelajaran yang lebih direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas V khususnya materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat), dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving Learning didukung Media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sebelum menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sesudah menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?, 3) Adakah pengaruh model Problem Solving Learning didukung Media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?.

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-Group Pretes-Postes Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Sukorame 4 Kediri dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes (soal subjektif) dan instrument. Teknik analisis data menggunakan t-test paired sample.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Siswa kelas V SD Negeri Sukorame 4 Kota Kediri memiliki kemampuan yang rendah dalam mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sebelum menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio dibuktikan dari hasil nilai pretest 64,7 lebih rendah dari KKM (75) 2) Siswa kelas V SD Negeri Sukorame 4 Kota Kediri memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) sesudah menggunakan model Problem Solving Learning didukung media audio dibuktikan dari hasil nilai posttest 84,17 lebih tinggi dari KKM (75), 3) Ada pengaruh model Problem Solving Learning didukung Media audio terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) pada siswa kelas V SDN Sukorame 4 Kota Kediri dibuktikan dari Diperoleh nilai t hitung = 16,25 > t tabel = 2,04523 Sehingga ditolak dan diterima.

 

Kata Kunci : Problem Solving Learning, Media Audio, Mengidentifikasi Unsur Cerita (Tokoh, Tema, Latar, Amanat).


Keyword

MODEL PROBLEM SOLVING LEARNING, MEDIA AUDIO, KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA (TOKOH, TEMA, LATAR, AMANAT).

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

 

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

 

Iskandar. 2013.  Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi

Shoimin, Arus. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

 

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

 

Sugiono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade