PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN UNTUK MATERI MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA KELAS V SDN NGRONGGOT 3 TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NINIK SUGIARTI NENG RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0237

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD terutama keterampilan membaca siswa masih rendah. Karena dalam pembelajaran di SD, guru hanya menggunakan ceramah dan buku sebagai panduan. Siswa di SD juga malas untuk membaca cerita tanpa ada gambar di dalamnya. Akibatnya siswa merasa kesulitan untuk memahami dan menyimpulkan isi cerita.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research amd Development) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Ngronggot 3. Penelitian model ini menggunakan model penelitian ini meliputi beberapa tahap, yaitu: tahap analysis (analisis), tahap design (desain), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi), tahap evaluation (evaluasi). Penelitian ini juga menggunakan dua tahap validasi yaitu validasi ahli media dan validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, hasil pre test dan post test uji coba terbatas dan uji coba luas.
Hasil penelitian pengembangan media dan kemampuan siswa adalah sebagai berikut. (1) Pengembangan media kartun untuk materi menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan materi diperoleh persentase skor validasi ahli media 90% sedangkan validasi ahli materi 90%. Dinyatakan valid/ sangat efektif/ sangat tuntas dapat digunakan tanpa perbaikan. (2) Kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat dengan media kartun dapat dinyatakan tuntas, berdasarkan hasil post test uji coba terbatas diperoleh rata-rata 82% dan post test uji coba luas diperoleh rata-rata 82,6% melebihi Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) yakni 80%.
Simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan media kartun adalah untuk membantu siswa memahami serta dapat menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat dengan mudah. Oleh sebab itu, guru sebagai contoh siswa dapat menggunakan media pembelajaran agar dalam kegiatan belajar mengajar dapat tercipta suasana baru yang lebih menyenangkan untuk siswa. (2) Media kartun masil perlu diteliti terus menerus, agar dapat membuktikan bahwa media kartun dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan dengan media kartun minat membaca siswa meningkat.


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ernawati, Dwi Septiwiharti dan Anthonius Palimbong. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa, 1 (1). (Online), tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viex/2518. Diunduh 21 April 2018.
Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung; Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI