ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil dari wawancara dan pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SD masih bersifat konvensional. Pembelajaran menggunakan model direct instruction atau monoton saja tanpa menggunakan media. Siswa kurang aktif sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai maksimal. Peneliti akan mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran snowball throwing didukung media visual. Kelebihan model pembelajaran snowball throwing adalah pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dan ketiga aspek kognitif, afektif, psikomotor siswa dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing didukung media visual terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi siswa kelas IV SDN Sukorame 4 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model Direct Instruction terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi siswa kelas IV SDN Sukorame 5 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri (3) Untuk membuktikan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran snowball throwing didukung media visual dibanding model direct instruction terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi siswa kelas IV SDN Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik quasi experimental design dengan mengambil jenis nonequivalent control group design, peneliti menggunakan instrumen berupa tes tertulis (soal isian). Hasil analisis dalam penelitian adalah (1) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sign.(2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model snowball throwing didukung media visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi siswa kelas IV SDN Sukorame 4 (2) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sign.(2-tailed) 0,057 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction tidak berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi siswa kelas IV SDN Sukorame 5 (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sign.(2-tailed) 0,000 > 0,05 penggunaan model pembelajaran snowball throwing didukung media visual, sedangkan 0,057 > 0,05 penggunaan model direct instruction sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran snowball throwing didukung media visual dibanding model direct instruction terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan romawi siswa kelas IV SDN Sukorame.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Media Visual, Mengenal Lambang Bilangan Romawi.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. (Hidayah Nur, Ed). Yogjakarta: Ar-ruz Media.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), tersedia: http://www.ojk.go.id, Diunduh 9 November 2017.