ABSTRAK
Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK) Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Memahami Kegiatan Jual Beli Dilingkungan Rumah Dan Sekolah Siwa Kelas III Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2018
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS tentang memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah, masih dominan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal demikian tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi rendahnya tingkat kemampuan belajar siswa dan pembelajaran kurang menyenangkan dan kurang bermakna.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Pesudukuh dan SDN Sekarputih dan teknik penelitian yang digunakan quasi eksperimental design dengan mengambil jenis nonequivalent control group design. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest. Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas III SDN Pesudukuh Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk dan siswa kelas III SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.
Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh model Visual Auditory Kinestethic terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah didukung media audio visual pada siswa kelas III SDN Pesudukuh Kabupaten Nganjuk hal ini dibuktikan pada hasil analisis data yang telah ditunjukkan pada uji t didapat t hitung (-10,132) > t tabel (1,678). (2) Ada pengaruh model Direct Intruction terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah didukung media audio visual pada siswa kelas III SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk, hal ini dibuktikan pada hasil analisis data yang telah ditunjukkan pada uji t didapat t hitung (11,859) > (1,678) (3) Ada perbedaan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK) didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III SDN Pesudukuh Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.
Kata Kunci: model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK), media audio visual, memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Primasatya, N. & Ahdianto, E. (2016). Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2(1)226.Online. Tersedia di https://ejournal.unhasy.ac.id.Diunduh 21Juli 2018
Isjoni.2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.
Uno, Hamzah B., Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pailkem.
Jakarta: Bumi Aksara
Musfiqon,H.M.2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.