PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTETHIC) DI DUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN PESUDUKUH KECAMATAN BAGOR KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

HESTIN PEBRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0235

Abstract

 

ABSTRAK

 

Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK) Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Memahami Kegiatan Jual Beli Dilingkungan Rumah Dan Sekolah Siwa Kelas III Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2018

          Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS tentang memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah, masih dominan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal demikian tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi rendahnya tingkat kemampuan belajar siswa dan pembelajaran kurang menyenangkan dan kurang bermakna.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Pesudukuh dan SDN Sekarputih dan teknik penelitian yang digunakan quasi eksperimental design dengan mengambil jenis nonequivalent control group design. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest. Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas III SDN Pesudukuh  Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk dan siswa kelas III SDN Sekarputih Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.

Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh model Visual Auditory Kinestethic terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah didukung media audio visual pada siswa kelas III SDN Pesudukuh Kabupaten Nganjuk hal ini dibuktikan pada hasil analisis data yang telah ditunjukkan pada uji t didapat t hitung (-10,132) > t tabel (1,678).  (2) Ada pengaruh model Direct Intruction terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli  di lingkungan rumah dan sekolah didukung  media audio visual pada  siswa kelas III SDN Sekarputih  Kabupaten Nganjuk, hal ini dibuktikan pada hasil analisis data yang telah ditunjukkan pada uji t didapat t hitung (11,859) > (1,678) (3) Ada perbedaan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK) didukung media audio visual terhadap kemampuan memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III SDN Pesudukuh Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.

 

Kata Kunci: model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK), media audio visual, memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah.

 

 

 

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Primasatya, N. & Ahdianto, E.  (2016). Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2(1)226.Online. Tersedia di https://ejournal.unhasy.ac.id.Diunduh 21Juli 2018

Isjoni.2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Uno, Hamzah B., Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pailkem.

Jakarta: Bumi Aksara

Musfiqon,H.M.2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI