ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran IPA kelas V pada materi mengidentifikasi jenis-jenis tanah guru masih menggunakan metode yang kurang sesuai. Hal ini berdampak pada motivasi belajar dan kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa masih belum maksimal. .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Kontrol Group Design menggunakan teknik analisis uji-t dengan bantuan program SPSS 23 for Windows.
Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V semester 2 SDN Sumberagung 02 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, (2) Ada pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanahsiswa kelas V semester 2 SDN Sumberagung 02 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, (3) Ada pengaruh metode ceramahterhadap motivasi belajar dalam mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V semester 2 SDN Sumberagung 02 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, (4) Ada pengaruh metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V semester 2 SDN Sumberagung 02 Tahun Ajaran 2017/2018, (5) Ada pengaruh metode mind mapping dibandingkan metode ceramah terhadap motivasi belajar dalam mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V semester 2 SDN Sumberagung 02 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018, (6) Ada pengaruh metode mind mapping dibandingkan metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah siswa kelas V semester 2 SDN Sumberagung 02 Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018..
KATA KUNCI :metode mind mapping, motivasi belajar, kemampuan, jenis-jenis tanah.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azizah, Sulis Nur. 2015. “Penerapan Metode Mind Mapping Siswa Kelas V SD Negeri Jomblangan Banguntapan Bantul ”. Skripsi. FIP, Pend. Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
. 2009. Buku Pintar Mind Map untuk anak agar mudah menghafal dan berkonsentrasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Deporter, Bobbi & Mike Hermacki. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kalfa. Bandung.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ferdiansyah,Eko. 2015. “Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V MIN 16 Cipayung”. Skripsi.Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar
Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model
Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena. Jakarta.
Listiyani,Lita. 2012. “ Peningkatan Motivasi Belajar IPA Pada Materi Cahaya Melalui Model Teams Games Tournament Siswa Kelas V SD N Godean 2 Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi.FIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mawarni, Luvirta Tiyas. 2017. “Pengaruh
Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi”. Skripsi. FKIP, Universitas Lampung.
Mustikasari, Sekar. 2013. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang Tahun 2012/2013”. Skripsi.Fakultas Ekonomi, Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Mutmainah, Mut’ah. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTS N 19 Jakarta”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Pendidikan Agama Islam, UIN Syarif Hidayatullah.
Nur’aini, Devi. 2013. “ Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Kelas VB SDN Tambakrejo Kabupaten Purworejo”. Skripsi. FIP, Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rao, N.S., Subba. 2007. Mikroorganisme Tanah dan Pertumbuhan Tanaman. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Sugiyono . 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: AlFABETA.
. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: AlFABETA.
. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: AlFABETA.
Sumiati dan Asra, M. 2009. Metode
Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Susanto, ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran:Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Swadarma, Doni. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Winarti,Wiwik, Joko Winarto dan Widha Sunarno. 2009. Ilmu Pengetahuan Untuk SD/MI Kelas 5. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Yuliprianto, H. 2010. Biologi Tanah dan Strategi Pengelolaannya. Yogyakarta: Graha ilmu.