PENGARUH MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS IV SDN SATU ATAP 2 SURUH TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MELFIANA NINDI TRI WULAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0231

Abstract

ABSTRAK

 

Melfiana Nindi Tri Wulan: Pengaruh Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi di Lingkungan Sekitar Siswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: TGT (Teams Games Tournament), Motivasi Berprestasi, Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi.

            Penelitian ini dilatar belakangi dari hasi pengamatan, bahwa kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar siswa kelas IV di SDN Satu Atap 2 Suruh rendah.Hal tersebut terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan buku sehingga tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajran.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan antara peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction terhadap kemampuan medeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar siswa kelas Iv SDN Satu Atap 2 Suruh? (2) Apakah ada perbedaan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi dilingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh? (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar sswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh dan menggunakan teknik faktorial design.Alat yang digunakan dalam pengumpulan ini adalah two way anova.HAsil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Untuk mengetahui ada perbedaan antara peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model Direct Intruktion terhadap kemampuan mendeskripsikan enerfi panas dan bunyi di lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh.(2) Untuk mengetahui perbedaan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas dan bunyi diligkungan sekitar siswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh.(3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas dan bunyi di lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Satu Atap 2 Suruh.


Keyword

Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Motivasi Berprestasi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Shoimon, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR – Rozz Media.

Styosori, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pratiwi, Arie Nur. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Energi dan Bunyi Menggunakan modul Berbasis Eksperimen. Https://google.co.id/search?q=jurnal+materi+energi+panas+dan+bunyi+menurut+agustina+dan+tika&client=ucweb-b&channel=sb , diunduh 04 Mei 2018

Ruasiningsih, Cucu. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat, dan Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Https://google.co.id/search?q=artikel+cucu+ruasiningsih+tahun &client=ucweb-b&channel=sb , diunduh 04 Mei 2018


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade