PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP BEBERAPA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV SDN 1 NGUNGGAHAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ERNI SUHARTATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0229

Abstract

ABSTRAK

 

Proses kegiatan belajar-mengajar yang digunakan oleh guru dalam  pembelajaran dikelas menggunakan metode ceramah dan sangatlah membosankan bagi siswa. Siswa hanya menghafal materi sehingga pengetahuan yang mereka dapatkan akan cepat hilang. Hal ini yang menjadi salah satu  penyebab  siswa kelas IV memiliki kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model student facilitator and explaining didukung media dua dimensi dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan menjadi tinggi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Ngunggahan dan teknik penelitian yang digunakan pretest-posttest control design. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penilaian tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest. Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas IV SDN 1 Ngunggahan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingginya kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan  menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining didukung media dua dimensi. Terbukti dari hasil nilai rata-rata yang didapat setelah perlakuan yaitu 82,16 masuk dalam kriteria kemampuan mendeskripsikan tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan menggunakan model student facilitator and explaining didukung media dua dimensi siswa kelas IV SDN 1 Ngunggahan tinggi.

 

Kata kunci : model pembelajaran student facilitator and explaining, media dua dimensi, daur hidup hewan.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Andrianto, 2013. Penggunaan Media Gambar Dua Dimensi Dalam Pembelajaran PKN Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember. (Online). Tersedia: http://studylibid.com , diunduh 10 0ktober 2017

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Avindasari, tika. 2016. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Daur Hidup Makhluk Hidup Siswa Kelas IV. (Online). Tersedia: https://simki.lp2m.unpkediri.ac.id. Diunduh 18 Juli 2018.

Grendinatasari. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Didukung Media Torso Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Alat Pencernaan Manusia Dan Hubungannya Dengan Makanan Dan Kesehatan Kelas V SDN Tempurejo 1 Kediri. (Online), tersedia: https://simki.lp2m.unpkediri.ac.id. Diunduh 16 Oktober 2017.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang menarik dan mengasyikkan. Yogyakarta: Kepel Press.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniawati, Dian. 2015. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Dengan Media Kongkrit Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Kelas V SD. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI