PENGARUH MODEL CARD SORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER 2 SDI AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

INDRI ANGGA APRILYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0223

Abstract

ABSTRAK

Indri Angga Aprilyana : Pengaruh Model Card Sort terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat Atau Unsurnya pada Siswa Kelas III Semester 2 SDI Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan observasi peneliti, bahwa proses pembelajaran siswa  kelas III SDI Al Huda Kota Kediri pada mata pelajaran Matematika tentang Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya, masih menggunakan model pembelajaran yang sederhana. Hal demikian tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajarannya, sehingga mempengaruhi rendahnya motivasi belajar dan kemampuan belajar siswa masih rendah.

Permasalahan dalam penelitian ini meliputi : (1) Adakah pengaruh Model Card Sort terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (2)Adakah pengaruh Model Card Sort terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh Model Direct Intruction terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (4) Adakah pengaruh Model Direct Intruction terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (5) Adakah perbedaan pengaruh antara Model Card Sort dengan Model Direct Intruction terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (6) Adakah perbedaan antara Model Card Sort dengan Model Direct Intruction terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018?

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDI Al Huda Kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, kuesioner motivasi belajar, hasil tes belajar siswa melalui teknik penelitian pre test dan post test dengan memberikan instrumen berupa 15 soal pilihan ganda, serta dokumentasi.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan : (1) Ada pengaruh Model Card Sort terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Ada pengaruh Model Card Sort terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Ada pengaruh Model Direct Intruction terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (4) Ada pengaruh Model Direct Intruction terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (5) Ada perbedaan pengaruh antara Model Card Sort dengan Model Direct Intruction terhadap motivasi belajar Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. (6) Ada perbedaan pengaruh antara Model Card Sort dengan Model Direct Intruction terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Menurut Sifat dan Unsurnya Siswa Kelas III SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata kunci : card sort, motivasi belajar, kemampuan, berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Posedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zaini, Hisyam, dkk. 2004. Strategi     Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Nuansa Aksara Grafika.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Premadamedia Group.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi Dan Pengukuran Analisi Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI