PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERURIP 4 KAB.NGANJUK TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

RIABELLA MUJI RAMADHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0221

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi, bahwa proses pembelajaran IPA di SD masih menggunakan metode ceramah dan menulis di papan tulis. Kurangnya kesadaran guru dalam menggunakan media pembelajaran, mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif, suasana kelas monoton dan membosankan. Hal tersebut dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prosedur pengembangan multimedia interaktif (2) mengetahui kevalidan multimedia interaktif (3) mengetahui keefektifan multimedia interaktif (4) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif. Penelitian pengembangan yang dilakukan adalah model ADDIE menurut Pribadi (2010) yang dimodifikasi sampai tahap ADDI. Subyek penelitian ini siswa kelas III SDN Sumberurip 4 Kab.Nganjuk. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 6 siswa dan uji coba luas dilakukan terhadap 20 siswa SDN Sumberurip 4. Data dikumpulkan berdasarkan hasil validasi media ahli materi serta guru kelas. Hasil penelitian pengembangan multimedia Interaktif adalah (1) prosedur yang digunakan dalam penelitian adalah ADDI (Analysis, Design, Development, Implementation). Pada tahap Analysis menemukan masalah yang ada di SDN Sumberurip 4 dan menentukan media. Tahap Design pada multimedia interaktif pengisian materi, mengatur layout, mengisi dubbing dan menyesuaikan gambar serta animasi. Tahap Development menggabungkan semua elemen tersebut ke aplikasi Adop Flas cs5. Tahap Implementation pada subyek penelitian yang telah disebutkan diatas. (2) kevalidan multimedia interaktif dari segi ahli media memperoleh hasil 94% dan segi materi memperoleh hasil 80% dapat dikategorikan “sangat baik”. (3) keefektifan multimedia interaktif dari nilai hasil belajar siswa (uji coba luas) memperoleh hasil 92% kategori “sangat efektif”. (4) kepraktisan multimedia interaktif dari segi respon guru memperoleh hasil 98% dan respon siswa memperoleh hasil 97% kategori “sangat praktis”. Hasil tersebut diartikan penggunaan multimedia interaktif sangat valid, efektif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

 

KATA KUNCI  : pengembangan, multimedia interaktif, menggolongkan makhluk hidup


Keyword

Multimedia Interaktif, Menggolongkan Makhluk Hidup Secara Sederhana

Reference

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Angkowo, R & A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

 

Ditama, V. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI.

 

Pribadi, B.A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Primasatya, N., & Ahdhianto, E. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berpikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V

 

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto, J. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Kontekstual Dalam Pembelajaran Sains Sd. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2).

 

Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, M., & Putra, P. D. A. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills Pada Pokok Bahasan Tekanan Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 348-355.

 

Zunaidah, F. N. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Untuk Mahasiswa Semester Vii Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Nusantara Pgri Kediri. Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana Um.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade