STUDI KOMPARASI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA SISWA KELAS V A DAN B SDIT AL-ISTIQOMAH KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

RISA AYU KUSUMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0220

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini dilatar belakangi bahwa manusia membutuhkan pendidikan sebagai dasar perubahaan pola piker serta kemajuan masyarakat. Untuk mendukung tercapainya pembelajaran dalam suatu kompetensi dasar (KD) maka diperlukan model dalam pembelajaran sehingga siswa lebih mudah menerima materi pembelajaran yang di sampaikan. Ada banyak jenis model pembelajaran, diantaranya yaitu model Make a match dan Pair check. “Model Make a match merupakan dimana model pembelajaran ini siswa diajak mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia  dengan menggunakan model Make a match pada siswa kelas VA SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 ? (2)  Bagaimana hasil belajar mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia  dengan menggunakan model Pair check pada siswa kelas VB SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 ? (3) Adakah perbedaan hasil belajar mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia  dengan menggunakan model Make a match dan model Pair check pada siswa kelas VA dan B SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 62 siswa kelas VA dan B SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 dan dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS for windows versi 23.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan model make a match, tuntas mencapai nilai KKM. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai yang diperoleh lebih dari KKM > 75 yaitu 90,48. (2) Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan model Pair check belum tuntas mencapai nilai rata-rata kurang dari KKM. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai yang diperoleh kurang dari KKM ≤ 75 yaitu 60,00. (3) Ada perbedaan hasil belajar materi mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia antara model Make a match dan Pair check siswa kelas VA dan B SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dengan model make a match yaitu 90,48 dan siswa dengan model Pair check yaitu 60.00. Serta dibuktikan dengan hasil nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (9,430 > 2,000).

 


Keyword

MODEL MAKE A MATCH, MODEL PAIR CHECK, MENGENAL KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN SERTA PEMBAGIAN WILAYAH WAKTU DI INDONESIA

Reference

Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Depdiknas.2006.Panduan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SD/MI.Jakarta:BP.Dharma Bhakti.

Kurniasih Imas,dkk.2017.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Yogyakarta:Kata Pena.

Sardiyo,dkk.2008.Pendidikan IPS di SD.Tangerang Selatan.Universitas Terbuka.

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade