ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah, pembelajaran IPS di sekolah dasar masih banyak yang dilaksanakan secara konvensional. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Strategi Crossword Puzzle tanpa didukung media flahcard terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang pada siswa kelas V SDN Sumberagung 3. (2) Mengetahui pengaruh Strategi Crossword Puzzle didukung dengan media flashcard terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang pada siswa kelas V SDN Sumberagung 3. (3) Mengetahui penerapan Strategi Crossword Puzzle dengan media flashcard terhadap kemampuan menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Sumberagung 3.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Sumberagung 3 kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan mendeskripsikan yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh strategi crossword puzzle tanpa media flashcard terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang (2) Terdapat pengaruh Strategi crossword puzzle didukung media flashcard terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. (3) Terdapat pengaruh penerapan strategi crossword puzzle didukung media flashcard berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
KATA KUNCI : crossword puzzle, media flashcard, kemampuan mendeskripsikan perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,R&D ). Bandung: Alfabeta
Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zaini, Hisyam. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD