PENGARUH MODEL COOPERATIVE, INTERGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN PEMBELAJARAN SATU SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

NUNING AGUSTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0217

Abstract

ABSTRAK

 

NUNING AGUSTA: Pengaruh Model Cooperative, Intergrated, Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan Pembelajaran Satu Siswa Kelas V SDN Sugihwaras 1 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui kemampuan menentukan  ide pokok paragraf dengan menggunakan model Cooperative, Intergrated, Reading and Composition (CIRC) pada kelas V; 2) Untuk mengetahui Kemampuan menentukan ide pokok paragraf dengan model dengan model pengajaran langsung (Explisit Intruction) kelas V; 3) Untuk mengetahui Pengaruh penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf Siswa Kelas V.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu, untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi terkendalikan. Berdasarkan penelitian yang telah ditentukan dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan Siswa Kelas V SDN Sugihwaras I menentukan ide pokok paragraf dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih besar atau sama dengan KKM 75; 2) Kemampuan siswa kelas V SDN Sugihwaras I menentukan ide pokok paragraf dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction kurang dari KKM 75; 3) Ada pengaruh model pembelajaran Cooperative, Intergrated, Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragaraf pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan pembelajaran satu pada kelas V SDN Sugihwaras 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata hasil posttets pada kelas kontrol sebesar 61,72 dan kelas eksperimen sebesar 82,59. Dari dua nilai rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata posttest dari kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata posttets kelas kontrol sedangkan nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0,000 maka berdasarkan kriteria jika sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima). Berdasarkan hasil t-hitung diperoleh nilai sebesar 7,710. Dengan demikian t-hitung > t-tabel pada signifikan 5% yaitu 2,045 sehingga 7,710 > 2,045 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.

 

Kata kunci : model Cooperative, Intergrated, Reading and Composition (CIRC), kemampuan menentukan ide pokok paragraf


Keyword

: model Cooperative, Intergrated, Reading and Composition (CIRC), kemampuan menentukan ide pokok paragraf.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Ali. 2011. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel (cetakan I). Kediri. IAIT Press

Asih. 2016. Startegi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Guci ,Siti Feriza Zain. 2015. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Intergrated And Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Siswa Kelas IX SMP Swasta Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal. Unimed

Kurniasih, Imas dan Sani, Bani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Putri, K. E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Networked Terintegrasi Scientific Approach Di SD Kelas IV. Efektor3(2), 25-34.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-ruz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade