PENGARUH MODEL KONTEKSTUAL INQUIRI DIDUKUNG MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III MI DARUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

SELVI ARISTIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0216

Abstract

ABSTRAK

Selvi Aristianti: Pengaruh Model Kontekstual Inquiri Didukung Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III MI Darul Huda Tahun Pelajaran 2017-2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata Kunci: model kontekstual inquiri, media flashcard, kemampuan menulis puisi.

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran menulis puisi di SD masih didominasi oleh metode ceramah dan model pembelajaran langsung. Akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam menulis puisi.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis puisi menggunakan model kontekstual inquiri didukung media flashcard pada siswa kelas III MI Darul Huda. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas III MI Darul Huda. (3) Untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran menggunakan model kontekstual inquiri didukung media flashcard terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III MI Darul Huda.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan t-test.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pada kelas eksperimen (III B) nilai rata-rata hasil posttest menggunakan model kontekstual inquiri didukung media flashcard  adalah 81,00 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%, yang artinya telah mencapai nilai KKM. (2) Pada kelas kontrol (III A) nilai rata-rata hasil posttest menggunakan model pembelajaran langsung adalah 69,60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30%, yang artinya belum mencapai KKM. (3) Taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 6,434 > 2,024 yang artinya Ha diterima. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model kontekstual inquiri didukung media flashcard terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III MI Darul Huda.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Yeti, dkk. 2009. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD.Jakarta: Universitas Terbuka.

Santi, Novi Nitya. 2015. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Jenggala Pustaka.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI