PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA ANTARA DUA ATAU TIGA TOKOH KELAS V SDN SUKORAME KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WULAN OKTANTIAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0215

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh signifikansi model pembelajaran TTW (think talk write) didukung media gambar berseri terhadap keterampilan menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh kelas V SDN Sukorame Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukorame 4 dan Sukorame 5. Sampel penelitian adalah 34 siswa, siswa kelas kontrol SDN Sukorame 5 sebanyak 18 siswa dan kelas eksperimen SDN Sukorame 4 sebanyak 18 siswa. Data parameter yang digunakan adalah soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t independent sample test. Hasil analisis data penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW (think talk write) didukung media gambar berseri terhadap keterampilan menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh kelas V semester ganjil SDN Sukorame Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Hasil uji-t didapat thitung (1,806) > ttabel 5% (1,690) dengan df 34 sehingga Ha diterima. Jadi penggunaan  model pembelajaran TTW (think talk write) didukung media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh kelas V semester ganjil SDN Sukorame Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018.

 

KATA KUNCI : Model Pembelajaran TTW, Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Dialog


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rienka Cipta.

Azhar, Arsyad, M.A. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto, 2013. Media Pembelajaran.. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Haryadi & Zamzani. 1996/1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi .

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujarwoko. 2011. Keterampilan Menulis. Universitas Nusantara PGRI Kediri

 

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI