ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh signifikansi model pembelajaran TTW (think talk write) didukung media gambar berseri terhadap keterampilan menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh kelas V SDN Sukorame Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukorame 4 dan Sukorame 5. Sampel penelitian adalah 34 siswa, siswa kelas kontrol SDN Sukorame 5 sebanyak 18 siswa dan kelas eksperimen SDN Sukorame 4 sebanyak 18 siswa. Data parameter yang digunakan adalah soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t independent sample test. Hasil analisis data penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW (think talk write) didukung media gambar berseri terhadap keterampilan menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh kelas V semester ganjil SDN Sukorame Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Hasil uji-t didapat thitung (1,806) > ttabel 5% (1,690) dengan df 34 sehingga Ha diterima. Jadi penggunaan model pembelajaran TTW (think talk write) didukung media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh kelas V semester ganjil SDN Sukorame Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran TTW, Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Dialog
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rienka Cipta.
Azhar, Arsyad, M.A. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto, 2013. Media Pembelajaran.. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Haryadi & Zamzani. 1996/1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi .
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujarwoko. 2011. Keterampilan Menulis. Universitas Nusantara PGRI Kediri