PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIDUKUNG MDIA BAGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT, SEPERTI MPR, DPR, PRESIDEN, MA, MK DAN BPK KELAS 4 MI RAUDLATUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RISA ROHMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0214

Abstract

ABSTRAK

 

Risa Rohmana: Pengaruh Model Course Review Horay Didukung Media Bagan Terhadap  

Kemampuan Mengenal Lembaga-lembaga Negara Dalam Susunan Pemerintah Tingkat Pusat Seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dll. Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2018.  

 

Kata Kunci: model pembelajaran Course Review Horay, media bagan, lembaga-lembaga negra dalam susunan pemerintahan tingkat pusat.

  Permasalahan pada penelitian ini adalah: 1. Adakah perbedaan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dengan model Course Review Horay didukung media bagan pada siswa kelas 4 MI Raudlatul Huda? 2. Adakah perbedaan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Preseiden, MA, MK dan BPK dengan model Course Review Horay tanpa didukung media bagan pada siswa kelas 4 MI Raudlatul Huda? 3. Adakah pengaruh penerapan model Course Review Horay didukung media bagan terhadap kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK pada siswa kelas 4 MI Raudlatul Huda?

  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian quasi eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas 4 MI Raudlatul Huda dan teknik penelitian menggunakan pretest-posttest Control Design. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pretest dan posttest. Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas 4 A dan B MI Raudlatul Huda.

  Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat, dengan menerapkan model Course Review Horay didukung media agan dinyatakan signifikan. Adapun signifikansi (2-tailed) 0,000<0,05 maka H0 dan H1 diterima. 2) Ada perbedaan kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat, dengan menerapkan model Course Review Horay tanpa didukung media bagan. Diketahui nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 diperoleh hasil t-hitung= 11,190 menunjukkan lebih dari t-tabel 1,705. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 yang diajukan terbukti benar. 3) Ada pengaruh dalam penerapan model Course Review Horay didukung media bagan terhadap kemampuan mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat pada siswa kelas 4 MI Raudlatul Huda berdasarkan hasil perolehan uji t-hitung 5,230 lebih dari t-tabel 1,672 (5,230≥1,672)   

 

KATA KUNCI  : Model Pembelajaran Course Review Horay, Media Bagan, Lembaga pemerintah tingkat pusat.  


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learnig. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sikdiknas No 22 Tahun 2006. Tersedia pada https://www.scnbd.com/doc/48620155/Lampiran-Permendiknas-Nomor-22-Tahun-2006-Tentang-Standar-Isi-Lampiran-SD-MI (diakses tanggal 22 Juli 2018)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Thun 2003. 2011. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Revisi 01 Maret 2005). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI