ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat. Tujuan dalam penelitin ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat melalui penerapan model pembelajaran cooperative script didukung media pop up book pada siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script didukung media pop up book terhadap kemampuan menunjukkan jenis dan pesebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkuangan setempat pada siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian true eksperimental design dengan jenis post-test only control design, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Pranggang 1. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Model Pembelajaran Cooperative Script didukung media pop up book berpengaruh terhadap kemampuan kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri, (2) Model Pembelajaran langsung tidak berpengaruh terhadap kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri, (3) Ada pengaruhantara model pembelajaran cooperative script didukung media pop up book dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. Kata kunci : model pembelajaran cooperative script dan media pop up book
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamah, Syaiful Bahri., Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Gagne. Dalam Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran danPembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2013. ModelModel Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas., Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan ModelPembelajaran.Jakarta: Kata Pena. Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PrestasiPustakaraya.
Shodiq, Mochammad. 2014. Ilmu Kealaman Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. 2013.Yogyakarta: ArRuzz Media.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Taylor, Bluemel. 2003. Pop Up Books. United States of America. Libraries Unlimited
Uno B. Hamzah, Nurdin Mohamad. 2014. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara