PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DIDUKUNG MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENUNJUKKAN JENIS DAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM SERTA PEMANFAATANNYA UNTUK KEGIATAN EKONOMI DI LINGKUNGAN SETEMPAT SISWA KELAS IV SDN PRANGGANG 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MILLATUR RODHIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0212

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.  Tujuan dalam penelitin ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat melalui penerapan model pembelajaran cooperative script didukung media pop up book pada siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script didukung media pop up book terhadap kemampuan menunjukkan jenis dan pesebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkuangan setempat pada siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri.  Penelitian ini menggunakan teknik penelitian true eksperimental design dengan jenis post-test only control design, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Pranggang 1. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.   Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Model Pembelajaran Cooperative Script didukung media pop up book berpengaruh terhadap kemampuan kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri, (2) Model Pembelajaran langsung tidak berpengaruh terhadap kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri, (3) Ada pengaruhantara model pembelajaran cooperative script didukung media pop up book dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat siswa kelas IV SDN Pranggang 1 Kabupaten Kediri. Kata kunci : model pembelajaran cooperative script dan media pop up book 
 
 


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta. 
 Daryanto. 2010.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media. 
 Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 
 Djamah, Syaiful Bahri., Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta. 
 Gagne. Dalam Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran danPembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 
 Huda, Miftahul. 2013. ModelModel Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 
 Kurniasih, Imas., Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan ModelPembelajaran.Jakarta: Kata Pena. Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PrestasiPustakaraya. 
 Shodiq, Mochammad. 2014. Ilmu Kealaman Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group 
 Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. 2013.Yogyakarta: ArRuzz Media. 
 Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar 
 Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. 
 Taylor, Bluemel. 2003. Pop Up Books. United States of America. Libraries          Unlimited  
 Uno B. Hamzah, Nurdin Mohamad. 2014. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara 
 
 


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI