Pengembangan Media Pop-Up Untuk Pembelajaran Materi Membedakan Ciri-Ciri Lingkungan Sehat Dan Tidak Sehat Siswa Kelas III SDN 1 Kepatihan Kabupaten Tulungagung 2017/2018


Author (Penulis)

CITRA NINGTYAS WIDYA FITRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0210

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman bahwa dalam pembelajaran guru kurang kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPA khususnya materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat. Guru masih menggunakan metode ceramah serta didukung media gambar. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) untuk mendeskripsikan media Pop-Up yang dikembangkan pada materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat siswa kelas III SDN 1 Kepatihan Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media Pop-Up dalam pembelajaran materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat siswa kelas III SDN 1 Kepatihan Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan respon guru terhadap penggunaan media Pop-Up yang dikembangkan dalam kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat siswa kelas III SDN 1 Kepatihan Tulungagung (4) untuk membuktikan keefektifan media Pop-Up yang dikembangkan dalam kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat siswa kelas III SDN 1 Kepatihan Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang memiliki tujuan menghasilkan produk media Pop-Up. Tahapan penelitian ini mengacu model desain ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan media Pop-Up (1) hasil kevalidan media Pop-Up memperoleh persentase 88% kevalidan media dan 85,45 kevalidan materi dan dinyatakan dapat digunakan tanpa revisi (2) respon positif siswa terhadap penggunaan media Pop-Up mendapatkan persentase 87% (3) respon positif guru terhadap penggunaan media Pop-Up mendapatkan persentase 95,7% (4) terdapat peningkatan hasil belajar dalam penggunaan media Pop-Up, hal tersebut dapat dilihat dari nilai post-test  dan pre-test masing-masing mendapatkan mean 73,33 dan 86,33

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop-Up, Membedakan Ciri-Ciri Lingkungan Sehat Dan Tidak Sehat


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun 2013. Instrumen

Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Pribadi, Benny. 2009. Model

Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Arsyad, Azhar. 2013. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).

 

Hanifah, Tisna Umi. 2014.

PEMANFAATAN MEDIA POP-UP BERBASIS TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA 4-5 TAHUN. (Online) 3 (2), tersedia: https://journal.unnes.ac.id, di unduh 11 Juni 2017.

 

Lismayanti, Meri. 2016.

PENGEMBANGAN BUKU POP-UP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI CRUSTACEA UNTUK SMA KELAS X. (Online), 18 (1), tersedia: https://online-journal.unja.ac.id, di unduh 10 Juni 2017.

 

Sugiyono. 2010. Penelitian

Pendidikan Pedekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI