PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBALAS PANTUN DENGAN LAFAL DAN INTONASI YANG TEPAT PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AYU HERMIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0207

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembelajaran monoton yang dilakukan di kelas IV pada materi Bahasa Indonesia berbalas pantun yang ada di SDN Gayam Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya perbedaan pengaruh model Role Playing dibanding model Direct Instruction terhadap kemampuan berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat pada siswa kelas IV SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design (Nonequivalent Control Group Design) menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen RPP, Silabus, Lembar penilaian siswa, naskah pantun, soal pretest dan soal posttest. Dengan teknik analisis data menggunakan uji t-indepedent sample. Nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (t hitung 4,004 > t tabel 2,004) dengan taraf signifikan 5%. maka Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model Role Playing terhadap kemampuan berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 Kota Kediri.


Keyword

a

Reference

Andriani, Tuti. 2012. Pantun Dalam Kehidupan Melayu (Pendekatan historis dan antropologis), 9 (2). (Online), tersedia: http://ejournal.uin￾suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/383, diunduh 17 Oktober 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B. Marsha Weill, Emily C. 2016. Model of teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas I SDN Lanjan 2 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR￾RUZZ Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yulianti, Pupun. 2014. Kamus lengkap Pantun asli Indonesia. Tangerang: Lembar Pustaka Indonesia.
Undang-Undang RI Pasal 31 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), tersedia: http://kelembagaan.ristekdikti.go.id., diunduh 25 Maret 2018.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI