ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menemukan makna dan informasi dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru serta model yang cenderung monoton. Akibatnya, suasana kelas menjadi pasif. Hal tersebut nampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi sangat rendah. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model Reciprocal Learning untuk materi menemukan makna dan informasi dalam kamus/ ensiklopedi melalui membaca memindai dengan harapan tingkat pemahaman siswa menjadi tinggi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI AL-HUDA Kabupaten Nganjuk sejumlah 45 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Rancangan Quasi Experimental Design dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design serta menggunakan pendekatan kuantitatif, data-data yang diperoleh yaitu data numerik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai dengan menggunakan model Reciprocal Learning pada siswa kelas IV-A MI AL–HUDA Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019 telah mencapai KKM berdasarkan perolehan nilai rata-rata sebesar 81,36. (2) Kemampuan menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai dengan menggunakan model Direct Instruction pada siswa kelas IV-B MI AL-HUDA Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019 belum mencapai KKM berdasarkan perolehan nilai rata-rata 52,83. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Reciprocal Learning terhadap kemampuan menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai pada siswa kelas IV MI AL-HUDA Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2018/2019 dengan thitung 7,151 > ttabel 2,017.
Kata Kunci: Reciprocal learning, makna dan informasi, membaca memindai.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2013. Model – model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Solchan, T. W. 2009. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.