ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan peneliti pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, penyebab rendahnya kemampuan siswa diduga karena dalam proses belajar mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran bervariasi yang tepat, sehingga siswa cenderung pasif dan sulit menerima pelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar materi hubungan srtuktur akar tumbuhan dengan fungsinya masih rendah. Sehubungan dengan latar belakang tersebut, peneliti menentukan 3 tujuan penelitian yang hendak dicapai sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui hasil belajar materi hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Course Review Horay siswa kelas IV SDN Satu Atap I Suruh Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui hasil belajar materi hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Make a Match siswa kelas IV SDN II Ngrandu Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Course Review Horay dan model Make a Match siswa kelas IV SDN Satu Atap I Suruh dan SDN II Ngrandu Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode komparatif, untuk membandingkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar menggunakan model Course Review Horay materi hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Course Review Horay mengalami peningkatan terbukti nilai pre-test 40,90 dan post-test 82,65 rentang nilai tertinggi antara 91-100 sebanyak 5 siswa. (2) Hasil berajar menggunakan model Make a Match materi hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model Make a Match mengalami peningkatan meski tidak sebaik nilai siswa dengan model Course Review Horay, terbukti nilai pre-test 31,05 dan post-test 66,00 nilai tertinggi berada pada rentang 91-100 sebanyak 2 siswa. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar materi hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya menggunakan model Course Review Horay dan model Make a Match terbukti kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 memperoleh nilai rata-rata post-test 82,65 dan 66,00. Selain itu dibuktikan dengan uji t didapat didapat thitung (3,465) > ttabel 5% (1,686).
Kata kunci: Model Course Review Horay, Model Make a Match, Hasil belajar
DAFTAR PUSTAKA
Amelia, Fitrah. 2015. Perbandingan model pembelajaran kooperative tipe Course Review Horay dengan Time Token Arends terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Laksamana Batam tahun pelajaran 2014/2015.Batam: Universitan Riau Kepulauan.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sholeh, Hamid. 2013. Metode Edutaiment. Jogjakarta: Diva Press.
Sanjaya, wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berioentasi Standar Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Premedia Group.