ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi adanya studi pendahuluan tentang pengamatan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru SDN 1 SERUT, bahwa pembelajaran matematika
materi luas persegi dan persegipanjang masih menggunakan media petak persegi papan tulis,
sehingga media yang digunakan hanya sekali pakai dan tidak memanfaatkan fasilitas
proyektor yang ada di SD, menyebabkan proyektor tersebut rusak secara sendirinya. Sehingga
beberapa siswa kurang tertarik dengan media. Selanjutnya guru juga memberikan masukan
agar mengembangkan media petak persegi papan tulis menjadi media yang sesuai
perkembangan zaman.
Penguraian tersebut menimbulkan permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian
antara lain (1) Bagaimana study pendahuluan terhadap guru dan siswa tentang materi luas
persegi dan persegipanjang? (2) Bagaimana proses pengembangan media pengubinan berbasis
powerpoint? (3) Bagaimana validitas media pengubinan berbasis powerpoint? (4) Bagaimana
efektifitas media pengubinan berbasis poerpoint?
Penelitian ini menggunakan tekhnik pendekatan penelitian Research and Development
(R&D) dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN 1 KEPUH dan siswa kelas III SDN 1
SERUT. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode ADDIE dengan beberapa siklus yaitu
menganalisis studi pendahluan dan media apa yang akan dikembangkan, mendesain materi
dan rancangan pembuatan media, mengembangkan isi materi dan draft media untuk
divalidasikan sehingga dapat dibuat media sesungguhnya, menguji coba materi dalam
pembelajaran baik uji coba terbatas maupun uji coba luas, melakukan evaluasi keefektifan
produk media.
Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Melalui studi pendahuluan
didapatkan media yang dikembangkan berupa pengubinan berbasis powerpoint pada materi
luas persegi dan persegipanjang. (2) Didapatkannya proses pengembangan media mulai dari
study pendahuluan, merumuskan desain, membuat draft media serta memvalidkannya,
melakukan uji coba terbatas maupun luas, mengolah data efektifitas media. (3) Melalui
validasi yang dilakukan oleh para ahli didapatkan pengembangan media pengubinan berbasis
powerpoint valid. (4) Melalui pengolahan data pretes dan postes didapatkan pengembangan
media pengubianan berbasis powerpoint efektif digunakan dalam permbelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Mata pelajaran matematika
khususnya materi luas persegi dan persegipanjang harus menggunakan media dalam
pelaksanaan pembelajarannya. (2) Pembelajaran tentang materi luas persegi dan
persegipanjang diharapkan menggunakan media pengubinan berbasis powerpoint karena telah
terbukti efektif dan validitasnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad A. (2007). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Branch R.M. (2009). Instruction Design:
The ADDIE Approach. New York:
Sprinch Science+Business Media.
Primasatya N. Dan Ahdhiyanto E. (2007).
Pengembangan Modul Geometri
Berbasis Teori Berpikir Van Hiele
Guna Meningkatkan Kamampuan
Berpikir Kritis Siswa Kelas V.
Kediri: Universitas Nusantara PGRI
Kediri.
Roji I. (1997). Belajar Matematika.
Bandung: Yayasan Nuansa
Cerdikia.