PENGEMBANGAN MEDIA PENGUBINAN BERBASIS POWERPOINT MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGIPANJANG KELAS III PADA GUGUS V BOYOLANGU TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ASSYAFIQUL ASROF
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0200

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini dilatar belakangi adanya studi pendahuluan tentang pengamatan 

pembelajaran yang dilakukan oleh guru SDN 1 SERUT, bahwa pembelajaran matematika 

materi luas persegi dan persegipanjang masih menggunakan media petak persegi papan tulis,

sehingga media yang digunakan hanya sekali pakai dan tidak memanfaatkan fasilitas 

proyektor yang ada di SD, menyebabkan proyektor tersebut rusak secara sendirinya. Sehingga 

beberapa siswa kurang tertarik dengan media. Selanjutnya guru juga memberikan masukan 

agar mengembangkan media petak persegi papan tulis menjadi media yang sesuai 

perkembangan zaman.

 Penguraian tersebut menimbulkan permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian 

antara lain (1) Bagaimana study pendahuluan terhadap guru dan siswa tentang materi luas 

persegi dan persegipanjang? (2) Bagaimana proses pengembangan media pengubinan berbasis 

powerpoint? (3) Bagaimana validitas media pengubinan berbasis powerpoint? (4) Bagaimana 

efektifitas media pengubinan berbasis poerpoint?

 Penelitian ini menggunakan tekhnik pendekatan penelitian Research and Development

(R&D) dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN 1 KEPUH dan siswa kelas III SDN 1 

SERUT. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode ADDIE dengan beberapa siklus yaitu 

menganalisis studi pendahluan dan media apa yang akan dikembangkan, mendesain materi 

dan rancangan pembuatan media, mengembangkan isi materi dan draft media untuk 

divalidasikan sehingga dapat dibuat media sesungguhnya, menguji coba materi dalam 

pembelajaran baik uji coba terbatas maupun uji coba luas, melakukan evaluasi keefektifan 

produk media.

 Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Melalui studi pendahuluan 

didapatkan media yang dikembangkan berupa pengubinan berbasis powerpoint pada materi 

luas persegi dan persegipanjang. (2) Didapatkannya proses pengembangan media mulai dari 

study pendahuluan, merumuskan desain, membuat draft media serta memvalidkannya, 

melakukan uji coba terbatas maupun luas, mengolah data efektifitas media. (3) Melalui 

validasi yang dilakukan oleh para ahli didapatkan pengembangan media pengubinan berbasis 

powerpoint valid. (4) Melalui pengolahan data pretes dan postes didapatkan pengembangan 

media pengubianan berbasis powerpoint efektif digunakan dalam permbelajaran.

 Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Mata pelajaran matematika 

khususnya materi luas persegi dan persegipanjang harus menggunakan media dalam 

pelaksanaan pembelajarannya. (2) Pembelajaran tentang materi luas persegi dan

persegipanjang diharapkan menggunakan media pengubinan berbasis powerpoint karena telah 

terbukti efektif dan validitasnya.

 

Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad A. (2007). Media Pembelajaran. 

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Branch R.M. (2009). Instruction Design: 

The ADDIE Approach. New York: 

Sprinch Science+Business Media.

Primasatya N. Dan Ahdhiyanto E. (2007). 

Pengembangan Modul Geometri 

Berbasis Teori Berpikir Van Hiele 

Guna Meningkatkan Kamampuan 

Berpikir Kritis Siswa Kelas V. 

Kediri: Universitas Nusantara PGRI 

Kediri.

Roji I. (1997). Belajar Matematika.

Bandung: Yayasan Nuansa 

Cerdikia.


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI