”PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN GAYAM KAB. TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017 / 2018”


Author (Penulis)

FAJ'RIN ANAM SAHADAT
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0197

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan.
Tujuan Permasalahan penelitian ini adalah. (1) untuk mengetahui kemampuan siswa tentang mengenal jenis-jenis pekerjaan yang di ajar dengan model pembelajaran Circuit Learning didukung media Video (2) untuk mengetahui kemampuan siswa tentang mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. (3) untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model Circuit Learning didukung media Video dengan menggunakan model Direct Intruction terhadap mengenal jeni-jenis pekerjaan Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (quasi experiment), dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Gayam. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Circuit Learning didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa Kelas III SD Negeri Gayam tahun pelajaran 2017 / 2018 hal ini terbukti ada pengaruh anatara model pembelajaran Circuit Learning didukung media video terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III SD Negeri Gayam Kabupaten Trenggalek, hal ini dibuktikan dari hasil analisis data melalui perhitungan uji T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed)0,006 < 0,05 ( dengan taraf signifikan 5% atau 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak dari simpulan di atas Model Pemebelajaran Circuit Learning adalah pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan, dimana selain mencari jawaban pertanyaan dari soal yang dijawab siswa juga ditekankan mampu untuk menyusun huruf-huruf acak tersebut sebuah jawaban yang benar sesuai dengan jawaban soal yang dikerjakan.


Keyword

a

Reference

Alsa. 2014. Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian. Yogyakarta: Pus-taka Pelajar.
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyanto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.
Departemen Pendidikan Indonesia 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta, Balai Pustaka.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI