PENGEMBANGAN MEDIA FFP (FRUITS FRUCTION PUZZLE) SEBAGAI MEDIA BERBASIS VISUAL UNTUK MATERI MENGENAL PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN PLOSOKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ENDANG VIRA ARIFIANAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0195

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya siswa kelas III SDN Plosokidul terhadap media yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika materi pecahan sederhana. Media yang digunakan yaitu sampul mika. Sehingga, nilai siswa rata-rata kurang dari nilai KKM (75). Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini dikembangkan  media FFP (Fruits Fruction Puzzle) sebagai media berbasis visual untuk materi mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran 2017/2018.

Adapun rumusan masalah pada penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana kevalidan media FFP (Fruits Fruction Puzzle) sebagai media berbasis visual untuk materi mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran 2017/2018?; (2) Bagaimana keefektifan media FFP (Fruits Fruction Puzzle) sebagai media berbasis visual untuk materi mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran 2017/2018?; (3) Bagaimana respon siswa terhadap media FFP (Fruits Fruction Puzzle) sebagai media berbasis visual untuk materi mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran 2017/2018?

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ini adalah model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu, (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Kegiatan pada tahap analisis adalah melakukan analisis kinerja, kebutuhan, dan kajian pustaka. Tahap desain dilakukan untuk memprogramkan pembelajaran yang akan dilakukan pada uji coba. Tahap pengembangan media dilakukan mulai dari menyusun desain awal hingga desain akhir. . Dalam pengembangan media tersebut dilakukan validasi hingga media dinyatakan dapat digunakan. Selanjutnya tahap implementasi yaitu tahap penggunaan media dalam pembelajaran. Tahap akhir yaitu tahap evaluasi dari penggunaan media.

Hasil penelitian pengembangan media ini adalah (1) media FFP (Fruits Fruction Puzzle) dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil karena memperoleh hasil kevalidan 84,38%; (2) media FFP (Fruits Fruction Puzzle) dinyatakan sangat efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil 91,67%, dan dinyatakan efektif setelah dilakukan uji coba luas dengan hasil 77,78%; (3) media FFP (Fruits Fruction Puzzle) memperoleh respon sangat baik dari siswa dengan hasil 99,48% setelah dilakukan uji coba terbatas, dan memperoleh respon sangat baik pula dengan hasil 95,37% setelah dilakukan uji coba luas.

KATA KUNCI  : Media FFP (Fruits Fruction Puzzle), Mengenal  Pecahan Sederhana.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Adjie, Nahrowi dan Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI Press.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Angkowo, Robertus dan A.Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: CV Alfabeta.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ramadhania, Giatri. 2016. Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Rajabasa Kota Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar BARU Algesindo.

Sucahyo, Danang dan Supriyono. 2013. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendra dan Dina Mayadiana Suwarma. 2006. Kapita Selekta Matematika. Bandung: UPI Press.

Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suwangsih, Erna dan Tiurliana. 2006. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winanti, Septika. 2014. Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD. Yogyakarta: UNY.

Zunaidah, F.N. dan Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasaarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri.2 (1). Online, tersedia: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/ipbi/article/view/3368. Diunduh 6 Desember 2017.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI