STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS V SDN BANJARMLATI 1 DAN NGADIREJO 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

KORI GEBYAR LINTANG DIRGANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0194

Abstract

ABSTRAK Kori Gebyar Lintang Dirgantari : Studi Komparasi Kemampuan Mengidentifikasi Organ Peredaran Darah Manusia dengan Model Think Pair Share dan Pair Check Pada Siswa Kelas V SDN Banjarmlati 1 dan Ngadirejo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi organ peredaran darah manusia di kelas 5 SD yang masih didominasi oleh peran guru karena kurang inovatif dalam memilih model pembelajaran. Untuk mengetahui model pembalajaran yang lebih direkomendasikan untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas 5 khususnya materi organ peredaran darah manusia, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Think Pair Share dan Pair Check pada siswa kelas V SDN Banjarmlati 1 dan Ngadirejo 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SDN Banjarmlati 1 kota kediri tahun ajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Pair Check pada siswa kelas SDN Ngadirejo 3 kota kediri tahun ajaran 2017/2018?, 3) Adakah perbedaan kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Think Pair Share dan Pair Check pada siswa kelas V SDN Banjarmlati 1 dan SDN Ngadirejo 3 kota kediri tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Non Eksperimen Komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Banjarmlati 1 dan Ngadirejo 3, dengan jumlah 28 siswa SDN Banjarmlati 1 dan 28 siswa SDN Ngadirejo 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan ¬t-test paired sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) siswa kelas 5 SDN Banjarmlati 1 mampu mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Think Pair Share, 2) siswa kelas 5 SDN Ngadirejo 3 mampu mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Pair Check, 3)Ada perbedaan kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan model pembelajaran Think Pair Share dan Pair Check pada siswa kelas V SDN Banjarmlati 1 dan SDN Ngadirejo 3 kota kediri tahun ajaran 2017/2018. KATA KUNCI : Think Pair Share, Pair Check, organ peredaran darah manusia.

Keyword

a

Reference

Agustina, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

 

Arends, Richard I.. 2008. Learning to Teach-Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Arikunto,  Suharsimi.  2007.  Dasar-Dasar  Evaluasi  Pendidikan.  Jakarta: Bumi Aksara.

 

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

 

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.

Lie, Anita. 2005. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

 

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

 

Pearce, Evelyn C.. 2012. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Prima Grafika.

 

Shoimin,  Aris.  2014.  68  Model  Pembelajaran  Inovatif  dalam  Kurikulum  2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

 

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovaif Berorientasi Konstruktivitistik, Konsep,  Landasan  Teoritis-Praktis  dan  Implernentasinya.  Jakarta  : Prestasi Pustaka Publisher.

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI