Pengaruh Model Course Review Horay Didukung Media Benda Konkrit Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-jenis Tanah Pada Siswa Kelas V SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

REZA SEPTIYAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0192

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang penelitian dari hasil wawancara dengan guru kelas V SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk pada materi jenis-jenis tanah. Hasil tersebut menyatakan bahwa kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru. Selain itu, penyampaian pembelajaran di dalam kelas juga belum menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran IPA terkesan membosankan dan monoton. Hal tersebut berdampak pada kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kurang dapat mengembangkan kemampuan terhadap materi mengidentifikasi jenis-jenis tanah. Penelitian ini menggunakan teknik “QuasiEksperimental Design Non Equivalent” dengan jenis “Pretest- posttest Control Group Design”. Pretest-posttest Control Group Design merupakan desain penelitian yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas control. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)Dari hasil uji t dengan menggunakan one sample test-t didapat thitung (54,515) > ttabel 5% (2,068),maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media benda kongkrit pada siswa kelas VA SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018 mampu dalam mengidentifiksi jenis-jenis tanah.

(2) Dari hasil uji t dengan menggunakan one sample test-t didapat thitung (41,287) > ttabel 5% (2,068),maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran direct instruction pada siswa kelas VB SDIT Al Istiqomah kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018 belum mampu dalam mengidentifikasi jenis-jenis tanah. (3) Dari hasil uji t dengan menggunakan independent sample t-test diperolehth= 3,844 > tt 5% = 2,013. Hal iniberarti ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model course review horay didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk.

Kata Kunci: Model Course Review Horay, Benda Konkrit, Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-jenis Tanah.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Angela, V. 2016. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat. Skripsi. Tidak dipublikasi. Lampung: FKIP UNILA.

Kurniasih, dkk. 2017. Ragam Pengembangan          MODEL PEMBELAJARAN               Untuk

peningkatan           Profesionelitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Munadi, Y. 2013. Media Pengajaran. Jakarta Selatan: REFRENSI (GP Press Group).

 

Primasatya, N. 2016. Analisis Kemampuan Berfikir Matematis Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: 50-57

 

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

 

Sudjana, dkk. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI