ABSTRAK
Nafik Risky Rahmawati : Pengaruh Model Teams Games Tournaments (TGT) Didukung Dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Mengelompokkan Bangun Datar Siswa Kelas II SDN Lirboyo 2, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.
Kata kunci : Model Teams Games Tournaments (TGT), media visual, kemampuan mengelompokkan bangun datar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi kemampuan mengelompokkan bangun datar pada mata pelajaran Matematika masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Selain itu guru juga belum menggunakan media dalam menyampaikan materi pelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengelompokkan bangun datar dengan menggunakan model Teams Games Tournaments (TGT) didukung media visual siswa kelas II SDN Lirboyo 2? (2) Bagaimana kemampuan mengelompokkan bangun datar dengan menggunakan pembelajaran Direct Instructiontanpa didukung media siswa kelas II SDN Lirboyo 2? (3) Adakah pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) dengan didukung media visual terhadap kemampuan mengelompokkan bangun datar siswa kelas II SDN Lirboyo 2?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental tipe Nonequivalen Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu Kelas II-A SDN Lirboyo 2 sebagai kelompok eksperimen yang dibandingkan dengan siswa Kelas II-B SDN Lirboyo 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengelompokkan bangun datar dengan menggunakan model Teams Games Tournaments (TGT) didukung media visual siswa kelas II SDN Lirboyo 2 melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa yakni 83,40 dan hasil perhitungan menggunakan One Sample T Test diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5%. (2) Kemampuan mengelompokkan bangun datar dengan menggunakan pembelajaran Direct Instruction tanpa didukung media siswa kelas II SDN Lirboyo 2 belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 72,40 dan hasil perhitungan menggunakan One Sample T Test diperoleh nilai signifikan 0,091 dengan taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) didukung media visual terhadap kemampuan mengelompokkan bangun datar siswa kelas II SDN Lirboyo 2. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. (Edisi Revisi. Cetakan ke-19) Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Perpustakaan Nasional, (Online), tersedia: http://ipusnas.id/, diunduh 3 Januari 2018.
Rusman. 2014. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Edisi Kedua. Cetakan ke-5) Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sugiyono. 2016. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Cetakan ke-24) Bandung: ALFABETA.
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajarn Matematika. Paket Pembina Penataran. Yogyakarta: PPG Matematika.
Thobroni, M. 2015. BELAJAR & PEMBELAJARAN Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Perpustakaan Nasional, (Online), tersedia: http://ipusnas.id/, diunduh 3 Januari 2018.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementrian Agama Republik Indonesia. (Online), tersedia: https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf., diunduh 1 Desember 2017.