Pengaruh Model Group Investigation Didukung Media Diorama Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V SDN MLANCU 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

PRIANITA DEWI ANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0190

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD menggunakan metode ceramah, guru menerangkan, siswa mencatat kemudian mengerjakan tugas. Belum banyak guru yang menggunakan media pembelajaran, padahal penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

            Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dengan menggunakan model Group Investigation didukung media diorama pada siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dengan menggunakan model Direct Instruction pada siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model Group Investigation didukung media diorama dengan yang menggunakan model Direct Instruction terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018.

            Penelitian ini menggunakan teknik Quasi Experimental Design dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.

            Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model Group Investigation didukung media diorama terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya  pada siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dari ketercapaian hasilnya yang maksimal dengan capaian rata-rata pre-test 52.00 dan rata-rata post-test 78.00. (2) Ada pengaruh model Direct Instruction terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dan capaian rata-rata pre-test 50.00 dan rata-rata post-test 63.30 yang keduanya dibawah KKM 70. (3) Ada perbedaan pengaruh antara yang menggunakan model Group Investigation  didukung media diorama dengan yang menggunakan model Direct Instruction terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Mlancu 1 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. Nilai rerata post-test meningkatkan mencapai 78.00 setelah diberi perlakuan sedangkan model Direct Instruction nilai rerata post-test 63.60 dibawah KKM 70.

 

KATA KUNCI  : Model Group Investigation, Model direct instruction, Media diorama.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Kurniasih, Imas., Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Jakarta: Kata Pena

Smatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks

Wati, Rima Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI