PENGEMBANGAN MEDIA ALPHABETH MAGIC PADA MATERI MENYUSUN HURUF MENJADI KATA YANG BERMAKNA KELAS I SD NEGERI KRENCENG 3 KECAMATAN KEPUNG


Author (Penulis)

VINGGI DYNA MARTYARIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0185

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan mengenal huruf siswa berdampak pada kemampuan menyusun huruf kedalam kata bagi siswa kelas I sekolah dasar. Pembelajaran yang monoton berdampak pada proses kegiatan belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaran kurang maksimal dalam pencapaiannya.

 

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan pengembangan media Alphabeth Magic pada materi menyusun huruf menjadi kata yang bermakna kelas I SD Negeri Krenceng 3 Kecamatan Kepung? (2) Bagaimana validitas, efektifitas, dan efisiensi pengembangan media Alphabeth Magic pada materi menyusun huruf menjadi kata yang bermakna kelas I SD Negeri Krenceng 3 Kecamatan Kepung?.

 

Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, dengan subyek penelitian siswa kelas I SD Negeri Krenceng 3 Kecamatan Kepung. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif berupa komentar dan saran produk dari ahli materi dan media, serta dari hasil angket guru dan observasi. Data kuantitatif, yaitu data berupa skor angket dan nilai hasil belajar.

 

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) tahapan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain model ADDIE dengan menyesuaikan langkah pengembangannya dapat dikembangkan media pembelajaran yang efektif bagi kegiatan pembelajaran siswa yaitu media Alphabeth Magic. (2) validitas didapatkan dari penilaian validasi materi mendapat persentase skor 94%, sedangkan validitas media mendapat 88% dengan rentang sangat valid. Hasil efektifitas didapatkan dari perbedaan rata-rata nilai antara pre test 17% dan post test sebesar 83%. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan sebesar 66% antara pre test dan post test sehingga disimpulkan media Alphabeth Magic dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I. Hasil efisiensi didapat dari hasil angket guru kelas I dan hasil observasi peneliti dengan jumlah persentase skor yang sama 91% dengan rentang sangat efisien. Media Alphabeth Magic efisien dalam membantu kegiatan pembelajaran menyusun huruf menjadi kata yang bermakna.

 

 

 

 

KATA KUNCI           : Alphabeth Magic, Menyusun huruf menjadi kata yang bermakna


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Pribadi A, Benny. 2011. Model Desain

Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis

Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI