Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS di SD masih dilakukan secara konvensional dan berpusat pada guru. Akibatnya banyak siswa yang tidak memperhatikan dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai secara maksimal. Peneliti akan mengkaji tentang penggunaan model word square dan model scramble. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian komparatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sample penelitian yang digunakan yaitu kelas IV-A(kelas eksperimen 1) sebanyak 29 siswa dan kelas IV-B (kelas eksperimen 2) sebanyak 28 siswa. Analisis data yang digunakan adalah SPSS 21 for windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian diketahui bahwa. (1) kemampuan siswa mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model word square mendapat nilai rata-rata 78,62 (2) kemampuan siswa mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model scramble mendapat nilai rata-rata 83,93 (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan model word square dan scramble dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai rata-rata menggunakan model word square dan model scramble adalah 78,62 < 83,93. Berdasarkan perbandingan perolehan nilai rata-rata tersebut, dapat disimpulkan bahwa model scramble memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada model word square, yang berarti model scramble lebih baik daripada model word square saat diterapkan pada siswa kelas IV di SDN Sumbercangkring Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018.
KATA KUNCI : word square, scramble, hasil belajar, perkembangan teknologi.
Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, I. dan B. S. (2016). Ragam pengembangan model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionlitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Permana, E. P. (2015). PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.
Permana, E. P. (2016). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.
Setyowati, Deena, E. (2013). Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasie. Online.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. . Bandung: Alfabeta.