Pengembangan Media Papan Tempel Pada Pembelajaran Materi Daur Hidup Hewan Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Tahun Ajar 2017/2018


Author (Penulis)

BIMA SANTYA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0183

Abstract

Bima Santya Putra : Pengembangan Media Papan Tempel Materi Daur Hidup Hewan Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2017/2018. 
 
 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa siswa kelas IV di Sekolah Dasar pada umumnya mengalami kesulitan belajar dan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan. Hal ini disebabkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru, guru dalam proses pembelajaran jarang menggunakan media pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan tidak menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif serta proses kegiatan pembelajaran menjadi membosankan. Untuk itu, diperlukan sebuah alat yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi daur hidup hewan. Salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan materi daur hidup hewan adalah media papan tempel yang telah di kembangkan.Terdapat empat tujuan penelitian sebagai berikut ; (1) Mendeskripsikan kevalidan media papan tempel pada materi daur hidup hewan siswa kelas 4 sekolah dasar (2) Mendeskripsikan efektifitas media papan tempel pada materi daur hidup hewan siswa kelas 4 sekolah dasar ; (3) Mendeskripsikan efisiensi media papan tempel pada materi daur hidup hewan siswa kelas 4 sekolah dasar ; (4) Mendeskripsikan daya tarik media papan tempel pada materi daur hidup hewan siswa kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan ADDIE, menggunakan pendekatan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gondang Legi 2 Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Hasil kevalidan media yang telah dikembangkan dilihat dari angket validasi. Hasil validasi menunjukkan persentase 88,8% berarti media yang dikembangkan dapatdinyatakan valid; (2) Hasil keefektifan media yang telah dikembangkan, dilihat dari nilai ratarata hasil pretest dan posttest pada uji coba terbatas dan luas. Pada uji coba terbatas dengan 15 siswa nilai rata-rata pretest mencapai 70 dan postest 84,67. Pada uji coba luas dengan 25 siswa nilai rata-rata pretest mencapai 63,60 dan postest 79,60 media yang di kembangkan dapat di nyatakan efektif; (3) Hasil respon media guru terhadap media yang dikembangkan berupa media papan tempel sebagai media pembelajaran materi daur hidup yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon sangat baik dan efisien; (4) Respon siswa terhadap media yang dikembangkan ypng telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon baik. Rata-rata yang diperoleh dari data hasil angket respon siswa pada uji terbatas dengan jumlah 15 siswa mencapai 87,5% dan pada uji coba luas dengan jumlah 25 siswa mencapai 88,8% dapat disimpulkan bahwa media dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. 
 
 
KATA KUNCI  : pengembangan media belajar, media papan tempel, hasil belajar IPA daur hidup hewan. 
 
 


Keyword

a

Reference

Amin Suyitno. 2002. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: GhaliaIndonesia. Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asnawir, Usman Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Pers. Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 
 
Daryanto, (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuain Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media. Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Iskandar, Srini M.. 2001. Penddikan IPA. Bandung: Maulana. Sulistyorini, Sri. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana. 
 
 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI