PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERAHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN CARA MENGHEMAT ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS III SEMESTER 2 SDN MOJOAGUNG KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

JULIA TANTI RISTIANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0182

Abstract

ABSTRAK

 

Julia Tanti R.: Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Menerapkan Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Kelas III Semester 2 SDN Mojoagung Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 207/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara secara langsung dengan guru kelas III, bahwa proses pembelajaran IPA di SD masih didominasi pada peran guru dan siswa kurang dilibatkan aktif. Akibatnya suasana kelas mononton, pasif, dan membosankan sehingga kemampuan dan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba membandingkan dua  model pembelajaran role playing dalam pembelajaran IPA dengan materi menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan dalam penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari dapat mencapai KKM siswa kelas III semester 2 SDN Mojoagung 1 Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. (2)Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari dapat mencapai KKM siswa kelas III semester 2 SDN Mojoagung 2 Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh signifikansi model pembelajaran role playing terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas III semester 2 SDN Mojoagung  Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen.dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design denfgan menggunakan desain Nonrandomized Control Group Pretes-Posttest.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Mojoagung 1 dan Mojoagung 2. Sampel penelitian adalah 42 siswa, siswa kelas eksperimen SDN Mojoagung 1 sebanyak 21 siswa dan kelas kontrol SDN Mojoagung 2 sebanyak 21 siswa. Data parameter yang digunakan adalah soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t independent sample test. Hasil analisis data penelitian adalah: 1) Kemampuan menerapkan cara menghemat energi dalam kkehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran role playing siiswa kelas III Semester 2 SDN mojoagung 1 tahun ajaran 2017/2018 hasil uji t didapat thitung (7,929) > ttabel 5% (1,725) dengan df 20, telah tuntas. 2) Kemampuan menerapkan cara menghemat energi dalam kkehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas III Semester 2 SDN mojoagung 2 tahun ajaran 2017/2018 hasil uji t didapat thitung (4,028) > ttabel 5% (1,725) dengan df 20, telah tuntas. 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran role playing terhadap kemampuan menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas III semester 2 SDN Mojoagung Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Diharapkan guru menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan kepada siswa untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Kata kunci: role playing, menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

 

 


Keyword

a

Reference

Suprijono. A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI