ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diperlukan model dan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Word Square.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model word square terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sukorame 4 Kota Kediri? 2) Untuk mengetahui pengaruh model konvensional terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sukorame 5 Kota Kediri? 3) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran word square dibanding model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran word square dibanding model pembelajaran konvensonal terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukoranme 4 dan Sukorame 5. Sampel penelitian adalah 50 siswa, siswa kelas eksperimen SDN Sukorame 4 sebanyak 25 dan siswa kontrol SDN Sukorame 5 sebanyak 25 siswa. Data parameter yang digunakan adalah soal uraian. Data yang diperoleh analisis dengan uji-t independent sample test. Hasil analisis data penelitian adalah ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran word square dibanding model pembelajaran konvensonal terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri Tahun Pelajaran 20172018 dengan keunggulan pada penggunaan Model Pembelajaran Word Square dengan nilai thitung 3,520 lebih besar daripada ttabel 2,201 (dengan taraf signifikan 5%). Model pembelajaran word square sebagai salah satu upaya membantu siswa mengingat materi ajar dan model seperti bermain dapat mengurangi kejenuhan belajar.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Word Square, Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta