PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MENGACU TIMSS PADA SISWA KELAS IV SDN NGADI KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

LINASARI AGUSTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0177

Abstract

Linasari Agustin         : pengaruh model PBL (problem based learning) terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri tahun ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika masih di bawah KKM karena dalam pembelajaran hanya terpacu pada guru dan siswa pasif sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan tanpa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah perbedaan kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan tanpa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri tahun ajaran 2017/2018?

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 23 menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan tanpa menggunakan  model PBL pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri masih di bawah KKM (<75) dengan perolehan rata-rata 66,27. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan tanpa menggunakan model PBL masih rendah. (2) memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan dengan menggunakan model PBL pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri di atas KKM (>75) dengan perolehan rata-rata 82,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan. (3) Ada perbedaan yang signifikan pembelajaran tanpa menggunakan model PBL dengan pembelajaran yang menggunakan model PBL terhadap memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang telah ditunjukan dalam uji t didapat t hitung 4,298 > t tabel 2,017 dengan df 43, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak maka diperoleh kesimpulan ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan tanpa menggunakan model PBL dan dengan menggunakan model PBL pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri.

Kata Kunci  : PBL (Problem Based Learning), kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bilangan


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mahdiansyah, Rahmawati. 2014. Literasi Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia, Vol.20, No.4. (Online), tersedia: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/158, diunduh 20 November 2017.

Permastya, Wimadwi, Frienda., Margiati, K.Y dan Nurhadi. 2014 . Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V, Vol.4, No.9. (Online), tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11191, diunduh 12 November 2017.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Witri, Gustimal., Putra, Zetra dan Gustina, Nori . 2013. Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model The Trends For International Mathematics And Scinece Study (Timss) Di Pekanbaru, Vol.3, No.1. (Online), tersedia: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2111, diunduh 11 November 2017.

Laila, Alfi., dkk.  2015. Pendampingan Guru-Guru SD Muhammadiyah Kecamatan Colomadu Karanganyar Dalam Pembelajaran Berkarakter Dan Menyenangkan, Vol.15, No.2. (Online), tersedia: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/4640 , diunduh 18 Juli 2018.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI